Kelebihan dan Kekurangan Anubias di Aquascape

Halo teman-teman pecinta ikan hias...sudah agak lama saya tidak update blog ini karena pekerjaan yang datang bertubi-tubi. Sekarang di sela-sela kesibukan saya sempatkan menulis agar blog ini selalu update dengan informasi yang bermanfaat.

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang anubias, tanaman air yang banyak menjadi pengisi aquascape. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebar dan tebal serta tangkai daun yang agak panjang. Jenis anubias cukup banyak, ada yang berukuran kecil mini, ada yang berukuran sedang-sedang saja, ada juga yang berukuran besar.

anubias berbunga
Anubias berbunga dalam akuarium

Nah kali ini saya akan fokus untuk membahas kelebihan dan kekurangan anubias dalam aquascape.

Kelebihan anubias

Kelebihan pertama dari anubias adalah tanaman ini mudah sekali dirawat. Anubias termasuk tanaman yang dapat menyesuaikan diri dengan berbagai kualitas air, tanaman ini tidak gampang layu atau mati. Anubias tidak memerlukan perlakuan khusus ketika ditanam, yang penting ada cahaya dan karbondioksida yang cukup tanaman ini sudah dapat hidup. Anubias tidak memerlukan cahaya yang kuat, dengan cahaya yang remang-remang saja dia bisa tumbuh dengan baik.

Kelebihan kedua dari anubias adalah sangat tahan terhadap serangan hewan air. Banyak tanaman aquascape yang berdaun tipis mudah rusak karena dimakan hewan air seperti siput atau ikan herbivora. Namun karena daun anubias memiliki daun yang tebal, tanaman ini tahan serangan hewan. Siput maupun ikan herbivora tidak akan memakan daun anubias.

Keong hama aquascape tidak doyan makan daun anubias
Keong hama aquascape tidak doyan makan daun anubias

Kelebihan ketiga dari anubias adalah mudah dikembangbiakkan. Untuk memperbanyak anubias sangatlah sederhana dan tidak ribet. Cukup dengan memotong batang anubias dan ditanam di tempat lain dalam beberapa minggu sudah menjadi tanaman anubias baru, Perbanyakan anubias bisa dilakukan di tempat kering (atau hanya sedikit genangan air), yang penting kelembaban di sekitar anubias tetap terjaga. Malahan perbanyakan di tempat kering ini membuat anubias tumbuh lebih cepat.

Baca juga : Cara Mengatasi Daun Anubias Berlubang

Kekurangan anubias

Kekurangan pertama dari anubias adalah tanaman ini mudah ditumbuhi alga. Karena daunnya yang lebar, alga hijau dan alga hitam mudah tumbuh pada daun anubias. Tanaman ini di alam tumbuh di tempat dengan cahaya yang tidak terlalu kuat atau tempat yang agak tertutup bayangan tanaman lain. Jadi kalau ditanam di akuarium dengan cahaya yang terlalu kuat akan membuat alga mudah tumbuh di daunnya, terutama bila air sudah kotor.

Saya punya pengalaman menanam anubias, java fern, dan cryptocorine dalam satu akuarium yang sama. Aquascape saya merupakan model murah meriah tanpa filter, pupuk, dan injeksi karbondioksida. Suatu hari saya amati banyak alga tumbuh pada daun anubias tapi tidak saya temukan alga pada daun java fern dan cryptocorine. Padahal java fern dan cryptocorine juga memiliki daun yang agak lebar.

Alga tumbuh pada daun anubias
Alga tumbuh pada daun anubias

Kekurangan kedua anubias adalah pertumbuhannya yang lambat. Dalam kondisi optimal, kuncup daun anubias akan tumbuh menjadi daun sempurna dalam waktu satu minggu. Namun dalam kondisi kurang karbondioksida pertumbuhannya bisa lebih lambat lagi. jadi untuk membuat tanaman anubias tumbuh rimbun diperlukan waktu berbulan-bulan dan kesabaran yang tinggi.

Kesimpulan

Itu adalah kelebihan dan kekurangan anubias berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya sendiri. Bagi saya anubias menjadi salah satu tanaman wajib aquascape karena keindahannya dan kemudahan merawatnya. Beberapa kekurangan yang muncul bisa diatasi dengan cukup mudah.

Untuk mengatasi alga yang tumbuh di daun cukup dengan memelihara alga eater dan menjaga kebersihan air. Sedangkan untuk mencapai pertumbuhan optimal cukup menjaga kadar karbondioksida dengan rajin mengganti air akuarium atau menggunakan injeksi karbondioksida bila memungkinkan.

Sekian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kelebihan dan Kekurangan Anubias di Aquascape"

Post a Comment