Mengatasi Daun Anubias Berlubang - Aquascape

Anubias adalah tanaman favorit saya untuk aquascape. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan tebal sangat cantik dalam akuarium. Terdapat banyak jenis anubias, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, dan semuanya tahan terhadap serangan keong hama.

Salah satu masalah yang kadang muncul dalam aquascape saya adalah tanaman-tanaman anubias daunnya berlubang. Lubang-lubang ini muncul sendiri pada daun muda dan tidak disebabkan oleh keong hama maupun ikan. Lubang-lubang ini jelas sangat mengganggu dan membuat keindahan anubias berkurang.

Daun anubias berlubang karena kurang Kalsium
Daun anubias berlubang pada aquascape

Apa yang menyebabkan daun anubias berlubang?

Penyebabnya adalah nutrisi yang tidak seimbang pada ekosistem aquascape, biasanya karena kurang mineral kalsium (Ca). Kalsium merupakan hara makro yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah banyak. Tumbuhan yang kekurangan kalsium tidak akan tumbuh dengan sempurna.

Kalsium akan mempengaruhi pembentukan dinding sel dan secara tidak langsung juga berperan dalam pembelahan sel. Kurangnya kalsium pada ekosistem aquascape dapat menyebabkan daun yang baru terbentuk berlubang-lubang karena pertumbuhannya yang tidak sempurna.

Cara Mengatasinya Bagaimana?

Cara mengatasi masalah ini jelas dengan memberikan kalsium tambahan pada aquascape. Yang paling gampang dapat dengan memberikan pupuk tanaman air yang banyak tersedia di toko akuarium. Pupuk tanaman terutama jenis pupuk makro biasanya sudah mengandung kalsium yang cukup bagi tanaman.

Namun bila tidak tersedia pupuk tanaman, bisa diakali dengan menggunakan bahan alami yang mengandung kalsium. Bahan yang dapat dipakai adalah karang jahe atau pecahan terumbu karang laut.

pecahan karang laut
Pecahan karang laut

Karang tubuhnya keras karena terbentuk dari deposit kalsium karbonat dalam jumlah banyak. Dengan menaruh pecahan kecil karang pada akuarium aquascape, kita dapat memastikan tersedianya sumber kalsium bagi tanaman. Kalsium karbonat pada karang akan terurai secara perlahan-lahan dan menjadi sumber kalsium gratis bagi tanaman.

Baca juga : Apakah Metode Blackout dapat Membasmi Alga Cladophora?

Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan menaruh terlalu banyak karang karena dapat mengubah pH air. Selain itu bila terlalu banyak juga dapat merusak estetika aquascape. Cukup sedikit saja dan disembunyikan sedemikian rupa agar tidak merusak keindahan aquascape kita.

Apakah anubias akan langsung tumbuh normal?

Daun yang sudah berlubang tentu tidak akan menjadi rapat kembali. Namun daun baru yang tumbuh tidak akan berlubang lagi apabila kebutuhan kalsium sudah terpenuhi. Anubias adalah tanaman yang tumbuhnya lambat, jadi harus sabar ketika menanti tumbuhnya daun baru.

Bila anubias tercukupi kebutuhan nutrisinya, tanaman ini dapat berbunga dalam air. Bunganya putih mirip seperti bunga tanaman kuping gajah. Anubias yang sukses berbunga dalam aquascape menandakan keberhasilan pemilik dalam merawat dan menjaga keseimbangan nutrisi dalam aquascape.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Mengatasi Daun Anubias Berlubang - Aquascape"