Penyakit Berak Putih pada Guppy Akibat Hexamita

Hexamita adalah protozoa yang menyebabkan munculnya berak putih pada ikan. Penyakit ini tidak umum menyerang ikan guppy dan ditandai dengan munculnya berak putih panjang atau menggumpal mirip benang.

Beberapa waktu yang lalu ikan Guppy saya mengeluarkan berak putih yang menggumpal, ikan itu nampak terus berenang di permukaan air dan malas makan.

Penyakit ini biasanya saya temukan menyerang Lou Han atau jenis-jenis siklid, ini kali pertama ikan Guppy saya menderita berak putih.

Kalau pada Lou Han, penyakit ini cukup mematikan karena ikan jadi tidak mau makan dan akhirnya mati. Pada Guppy pun sama mematikannya apabila terlambat ditangani.

berak putih pada guppy
Guppy dengan berak putih yang menggumpal

Penyebab berak putih

Penyebab penyakit ini adalah protozoa Hexamita pada pencernaan ikan. Protozoa atau hewan bersel satu ini bisa muncul karena kondisi akuarium yang buruk.

Terlalu banyak ikan dalam akuarium, terlalu banyak memberi makan, atau jarang mengganti air akuarium merupakan penyebab berkembangnya Hexamita.

Hexamita merupakan protozoa alami yang ada di perut ikan siklid, namun dapat menjadi penyakit bila kondisi lingkungan memburuk. Nah protozoa ini memiliki flagel sehingga dapat bergerak dan berpindah pada ikan lain dalam akuarium yang sama.

Baca juga: Ikan Guppy Sebagai Indikator Sehat Tidaknya Aquascape

Pengobatan berak putih

Untuk mengobati penyakit ini yang pertama harus dilakukan adalah memindahkan ikan sakit ke akuarium karantina. Setelah itu diteruskan dengan memberikan antibiotik untuk mematikan penyakit.

Antibiotik sebaiknya dicampurkan pada makanan ikan. Namun biasanya Guppy yang sudah mengalami berak putih akan malas makan sehingga tidak memungkinkan mengobati melalui makanan. Jadi antibiotik bisa diberikan pada air akuarium.

Antibiotik semacam methylene blue, PK, tetradiklin, atau amoksilin dapat dicampurkan ke dalam air akuarium untuk mematikan penyakit ini.

Bila Guppy sudah sembuh dapat dikembalikan pada akuarium awal. Namun jangan lupa akuarium awal dibersihkan dulu, diganti airnya dan dibersihkan kotorannya agar ikan tidak sakit lagi.

Semoga informasi ini berguna, bila ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Penyakit Berak Putih pada Guppy Akibat Hexamita"