14 Jenis Ikan Rasbora Cantik

Rasbora merupakan ikan kecil gemar berkelompok yang sering menjadi penghuni aquascape. Ikan ini hidup liar di Asia Tenggara menghuni sungai-sungai di Malaysia, Brunai, dan Indonesia. Di Malaysia ikan ini disebut dengan nama lokal Seluang.

Rasbora memiliki warna yang sangat indah, kombinasi warna tubuhnya unik, sangat menawan bila dilihat dalam aquarium. Namun karena ikan ini secara alami adalah schooling fish atau ikan yang gemar berkelompok maka sebaiknya dipelihara dalam jumlah lebih dari 5 ekor.

Ikan ini jinak dan dapat dipelihara bersama-sama dengan ikan lain, namun jangan dipelihara dengan ikan ganas semacam siklid karena dapat memakan rasbora itu. Jenis yang disarankan dipelihara dengan rasbora adalah zebra, tetra, platy, guppy, dan manfish.

Berikut ini adalah jenis-jenis ikan rasbora yang tersedia di pasaran dan dapat dibeli dengan harga relatif terjangkau.

Galaxy Rasbora
Galaxy Rasbora
Coba perhatikan ikan galaxy rasbora ini, begitu indah dengan warna yang sangat beragam tidak bisa dipungkiri bahwa dia termasuk salah satu ikan air tawar paling indah.


Black Harlequin Rasbora
Black Harlequin Rasbora
Harlequin ini memiliki ciri khas bentuk mirip segitiga berwarna hitam di tubuh bagian belakangnya. 


Black Line Rasbora
Black Line Rasbora
Black line rasbora artinya rasbora bergaris hitam, tidak perlu saya jelaskan lagi dimana garis hitamnya ya, bisa dilihat langsung pada gambar.


Blue Line Rasbora
Blue Line Rasbora
Kalau yang tadi black line rasbora, sekarang gantian blue line rasbora atau rasbora bergaris biru. Lihat garis biru di sepanjang tubuhnya itu.


Clown Rasbora
Clown Rasbora
Kalau dilihat bintik hitamnya mirip hidung badut ya, oleh karena itu rasbora ini disebut dengan clown rasbora atau rasbora badut.


Emerald Dwarf Rasbora
Emerald Dwarf Rasbora
Pola tubuhnya mirip zebra ya, ikan ini tubuhnya agak kecil dibandingkan dengan jenisnya makanya disebut dengan dwarf rasbora atau rasbora cebol.


Green Kubotai Rasbora
Green Kubotai Rasbora
Warna tubuh green kubotai ini hijau kekuningan bersinar di bawah cahaya, sangat menyegarkan mata terutama bila background akuariumnya gelap.


Harlequin Rasbora
Harlequin Rasbora
Mirip dengan black harlequin rasbora, hanya saja si harlequin ini dominan warna tubuhnya oranye kecoklatan bukan hitam.


Hengeli Rasbora
Hengeli Rasbora
Tubuh hengeli rasbora hampir transparan dengan tambahan pola berwarna kuning terang panjang dan hitam, sangat cantik bila dilihat ya.


Maculate rasbora
Maculate Rasbora
Maculate rasbora berwana merah terang dengan hiasan totol-totol hitam yang sangat kontras dengan tubuhnya.


mosquito rasbora
Mosquito Rasbora
Rasbora nyamuk, kenapa diberi nama nyamuk? entahlah saya juga tidak tahu hehe. Mirip dengan maculate rasbora hanya bedanya pada pola tubuhnya saja.


Red Line Rasbora
Red Line Rasbora
Red line rasbora atau rasbora garis merah memiliki garis merah di sepanjang tubuhnya, dengan tubuh yang berwarna coklat pucat.


rummynose rasbora
Rummynose Rasbora
Memiliki warna muka yang merah oranye sehingga disebut sebagai rummynose rasbora.


Scissortail Rasbora
Scissortail Rasbora
Rasbora yang memiliki ekor mirip dengan gunting, makanya disebut dengan rasbora ekor gunting.

Saksikan video jenis-jenis rasbora berikut ini.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "14 Jenis Ikan Rasbora Cantik"