Mengobati Penyakit Busuk Sirip Pada Ikan

Busuk sirip (fin rot) merupakan penyakit yang menyebabkan sirip ikan menjadi rusak atau busuk karena infeksi bakteri pada sirip. Bakteri yang bertanggung jawab menyebabkan penyakit ini adalah Pseudomonas flourescens yang merupakan bakteri gram-negatif. Busuk sirip kadang juga disebut dengan busuk ekor (tail rot) apabila menyerang sirip ekor ikan.

Sirip ikan yang terkena penyakit ini akan membusuk mulai dari ujung paling luar dan sedikit demi sedikit akan merusak seluruh sirip. Apabila kerusakan sudah mencapai dasar sirip dan menginfeksi tubuh dapat menyebabkan kematian pada ikan. Ikan yang terserang busuk sirip akan kesulitan bergerak karena siripnya rusak, selain itu nafsu makannya juga menurun.

busuk sirip pada ikan guppy
Penyakit busuk sirip pada ikan guppy

Penyakit ini dapat menyerang hampir semua jenis ikan, namun ikan yang memiliki sirip panjang lebih rentan terhadap serangannya. Ikan-ikan seperti cupang, guppy, dan mas koki cukup rentan terserang penyakit ini. Khusus pada ikan guppy, penyakit ini cukup mematikan berdasarkan pengalaman penulis sendiri. Walaupun baru menyerang ujung sirip ekornya namun guppy bisa saja mati.

Penyebab busuk sirip

Penyakit busuk sirip dapat muncul karena kualitas air dan filter akuarium yang buruk. Kotoran ikan akan melepaskan amonia dan nitrat yang menyebabkan bakteri jahat dapat tumbuh dengan subur. Air akuarium yang jarang diganti dan filter akuarium yang kotor akan membuat bakteri Pseudomonas flourescens berkembang sangat banyak dan menginfeksi sirip ikan.

Bila dalam akuarium terdapat berbagai jenis ikan hias, biasanya ikan dengan sirip yang paling panjang akan terserang terlebih dahulu. Sedangkan ikan yang bersirip pendek cenderung lebih tahan terhadap serangan bakteri ini. Penyakit ini dapat dengan mudah menular pada ikan lain yang berada pada akuarium yang sama, jadi sebaiknya segera ditangani apabila ada seekor ikan yang terserang.

Cara mengobati busuk sirip

Karena busuk sirip dapat muncul karena kondisi akuarium yang kotor maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengganti seluruh air akuarium dengan air baru. Selain itu juga dengan membersihkan media filter akuarium sehingga tidak menjadi sarang tumbuhnya bakteri.

busuk ekor ikan koki
Busuk sirip/ busuk ekor membuat sirip ikan hancur sedikit demi sedikit, penyakit ini dapat menular pada ikan lain

Setelah air akuarium diganti selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memberikan antibiotik pada akuarium tersebut untuk mematikan bakteri yang telah menyerang ikan. Hampir semua antibiotik dapat mengobati busuk sirip. Antibiotik umum yang sangat mudah diperoleh antara lain methylene blue, pk, tetrasiklin, amoksilin dan lain-lain.

Bila tidak tersedia obat-obatan tersebut dapat menggunakan bahan alami berupa air perasan bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa alisin yang juga berfungsi membunuh bakteri. Oleh karena kemampuannya membunuh bakteri ini, sejak dulu bawang putih digunakan sebagai bahan pengawet alami untuk makanan.

Antibiotik sintetis dapat lebih cepat mengobati ikan dibandingkan obat alami, namun sisi negatifnya dapat meracuni ikan dan tanaman air dalam kadar yang tinggi. Sedangkan obat alami cenderung lebih lambat dalam membunuh bakteri namun lebih aman bagi ikan dan tanaman air.

Demikian pembahasan tentang busuk sirip semoga bisa memberikan pencerahan bagi teman-teman.
Baca juga : Obati Ikan Sakit dengan Bawang Putih

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Mengobati Penyakit Busuk Sirip Pada Ikan"