Obati Ikan Sakit dengan Bawang Putih

Beternak ikan air tawar, entah itu lele, nila, ikan mas, bawal, ataupun gurami tidak akan pernah lepas dari serangan bakteri penyebab penyakit. Penyakit seperti kumis keriting pada lele, dan karat pada ikan nila, mas, bawal, dan gurami adalah penyakit yang disebabkan bakteri dan umum dijumpai di sekitar kita.

Larva ikan lebih rentan terserang bakteri dibandingkan dengan ikan yang telah dewasa. Selain itu kondisi air juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan. Kualitas air yang buruk seperti kadar oksigen yang rendah, kadar nitrat (kotoran) yang tinggi, dan suhu yang berubah-ubah akan memudahkan bakteri menyerang ikan budidaya kita.

Peternak biasanya akan mengobatinya dengan memasukkan larutan PK atau tetrasiklin ke dalam kolam untuk mengobatinya. PK dan tetrasiklin merupakan obat antibakteri yang dapat membunuh bakteri pada kadar tertentu. Obat-obatan ini dapat dibeli di toko-toko obat ataupun tempat yang menjual perlengkapan peternakan.

Namun sebenarnya ada obat antibakteri yang ada di sekitar kita dan bersifat alami, yaitu bawang putih (Allium cepa). Bawang putih dapat menjadi obat alternatif apabila anda sulit memperoleh PK ataupun tetrasiklin di sekitar tempat tinggal anda. Bawang putih mudah sekali diperoleh karena merupakan rempah yang digunakan setiap hari oleh masyarakat Indonesia.

allisin
Struktur molekul allisin, senyawa antibakteri pada bawang putih

Kandungan dalam bawang putih yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri adalah allisin. Bawang putih memiliki aroma yang menyengat salah satunya disebabkan karena kandungan allisin di dalamnya. Selain berguna sebagai obat antibakteri, allisin juga bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat menyebabkan tubuh ikan lemah sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Peternak dapat menghancurkan/memblender bawang putih sebelum dimasukkan ke dalam kolam. Batas minimal pemberian bawang putih adalah 16 mg/L air, dan semakin banyak bawang yang diberikan justru semakin baik dan semakin ampuh membunuh bakteri. Pemberian bawang dalam jumlah banyak tidak akan meracuni ikan karena bawang tidak mengandung senyawa-senyawa yang dapat membahayakan kesehatan ikan.

Jadi bagi anda yang kesulitan memperoleh PK ataupun tetrasiklin untuk mengobati sakit ikan, dapat menggunakan bawang putih sebagai obat alternatif yang mudah diperoleh.

Saksikan video mengobati ikan sakit dengan bawang putih berikut ini.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Obati Ikan Sakit dengan Bawang Putih"