Standar Pemberian Pakan Lele

pelet lele

Lele adalah ikan karnivora yang dapat menyantap temannya sendiri apabila kurang mendapat pakan. Oleh karena itu pemberian pakan lele perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi agar dapat tumbuh dengan optimum dan mengurangi sifat kanibalisme. Pemberian pakan sebaiknya dilakukan 2 sampai 3 kali perhari sesuai ukuran lele.

Pakan untuk larva lele berbeda dengan pakan untuk benih lele maupun indukan lele. Pakan untuk larva harus memiliki kandungan protein lebih tinggi karena larva lele sedang dalam puncak pertumbuhannya. Berikut ini adalah kadar nutrisi yang baik bagi larva, benih, dan indukan lele.

Pakan larva
No
Jenis Nutrisi
Kandungan (%)
1.
Protein
40
2.
Lemak
10
3.
Serat
8
4.
Kadar air
12

Pakan benih dan induk
No
Jenis Nutrisi
Kandungan (%)
1.
Protein
30 – 33
2.
Lemak
3 – 5
3.
Serat
4 – 5
4.
Abu
10 – 13
5.
Kadar air
11 – 13

Ada baiknya ketika membeli pakan lele di pasaran, peternak memperhatikan tabel di atas. Penggunaan pakan dengan kadar nutrisi yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan lele akan mempengaruhi laju pertumbuhan lele.

Selain harus memperhatikan kadar nutrisinya, peternak juga harus memahami jumlah pakan yang harus diberikan setiap harinya. Pemberian pakan yang terlalu sedikit akan memunculkan sifat kanibalisme lele, namun apabila terlalu banyak justru dapat mengotori kolam. Untuk memahami jumlah kecukupan pakan lele dengan ukuran tertentu perhatikanlah tabel di bawah ini.

Jenis dan dosis pemberian pakan
No
Ukuran ikan
Kolam
Jenis pakan
Dosis (% dari berat tubuh)
Frekuensi (kali/hari)
1.
Induk
Pematangan gonad
Pellet
3
2
2.
Larva
Pendederan I
Cacing sutra
20
2
3.
Benih 3 – 5 cm
Pendederan II
Pellet
10
3
4.
Benih 5 – 8 cm
Pendederan III
Pellet
5
3
5.
Benih 8 – 12 cm
Pendederan IV
Pellet
3 - 4
3

Dengan memperhatikan kadar nutrisi pakan dan jumlah kebutuhan pakan lele, peternak akan lebih hemat dalam pengelolaan keuangan serta memberikan hasil yang lebih optimal. Apakah pemberian pakan dengan kadar protein tinggi pada induk lele dapat membahayakan? Tentu saja tidak, namun tidak efisien karena pertumbuhan induk telah sangat minimal sehingga tidak membutuhkan protein dalam jumlah banyak.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Standar Pemberian Pakan Lele"

  1. Untuk benih ukuran 5-7cm sebanyak 1000ekor...berapa takaran pakan yg harus dberikan tiap harinya..???mohon penjelasanya pak..

    ReplyDelete
  2. Untuk benih ukuran 5-7cm sebanyak 1000ekor...berapa takaran pakan yg harus dberikan tiap harinya..???mohon penjelasanya pak..

    ReplyDelete