Ikan Lele Mengambang di Permukaan Air, Apa yang Terjadi?

Bagi peternak lele, kesehatan lele adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan usahanya. Dalam usaha budidaya lele tak jarang dijumpai beberapa penyakit seperti bintik putih, kumis keriting, atau perut kembung. Namun kadang juga dijumpai adanya perilaku aneh pada lele, dimana lele-lele kecil nampak mengambang dan cenderung tak bergerak di permukaan air walaupun masih hidup. Kejadian ini merupakan gejala umum yang sering melanda lele-lele kecil yang berumur di bawah 2 bulan. Saat masih kecil, kekebalan tubuh lele masih lemah sehingga mudah sekali terpengaruh oleh berbagai keadaan.

Nah, kejadian lele mengambang ini biasanya disebabkan oleh faktor air kolam yang terlalu asam. Lele dapat hidup dengan baik pada pH agak basa, netral, dan agak asam. Apabila pH air sudah menjadi terlalu asam, akan mempengaruhi metabolisme lele  sehingga membuatnya lemah dan cenderung mengambang di permukaan air, terutama di pinggir-pinggir kolam. Apabila keasaman ini terus berlanjut dapat menyebabkan kematian masal pada lele-lele tersebut.

lele kecil
Lele kecil sangat rentan dengan pengaruh keasaman kolam

Apakah penyebab keasaman pada air kolam lele? Terdapat 2 faktor yang dapat membuat air kolam menjadi asam yaitu kotoran lele dan air hujan. Kotoran yang menumpuk akan menjadikan air kolam bertambah keasamannya dan munculnya racun-racun seperti amoniak yang mematikan. Air hujan memiliki pH yang lebih asam dikarenakan pengaruh gas-gas buangan kendaraan bermotor yang berikikatan dengan molekul air. Kedua faktor inilah yang seringkali menjadi penyebab kematian pada anak-anak lele.

Jadi bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? untuk mengatasi masalah lele yang mengambang di permukaan air dapat dilakukan dengan mengganti air kolam secara berkala. Penggantian air ini bertujuan untuk menjaga pH kolam agar tidak terlalu asam sehingga tidak mengganggu metabolisme lele. Selain itu, pemberian garam pada kolam juga akan menjaga pH kolam sehingga tidak mudah berubah dan garam (apabila tidak terlalu banyak) juga aman bagi lele.

kolam lele organik
Kolam berair hijau baik bagi lele

Namun sebaiknya para peternak lele meakukan tindakan pencegahan agar kejadian ikan mengambang tidak terjadi. Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kualitas kolam lele. Apabila daerah tempat budidaya anda sulit memperoleh air, dapat diatasi dengan mengembangkan kolam organik dengan air hijau yang ditumbuhi alga. Alga yang menyebabkan air hijau ini mampu menghancurkan kotoran lele dan menetralkan efek racunnya, selain itu keasaman air hujan juga dapat dinetralkan oleh alga-alga baik tersebut.

Postingan terkait:

51 Tanggapan untuk "Ikan Lele Mengambang di Permukaan Air, Apa yang Terjadi?"

  1. Replies
    1. Air amis itu karena pengaruh tingginya sampah organik dalam air mas

      Delete
  2. Mas , apakah itu berlaku juga dengan ikan lele yg sebesar jari manis ?

    Lalu apakah dengan di pakaikan kucuran air justru baik buat lele gak ya ?
    Mohon jawabannya , terimakasih banyak .

    ReplyDelete
  3. Mas , apakah itu berlaku juga dengan ikan lele yg sebesar jari manis ?

    Lalu apakah dengan di pakaikan kucuran air justru baik buat lele gak ya ?
    Mohon jawabannya , terimakasih banyak .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berkalu untuk lele semua ukuran mas..

      Kucuran air kalau tidak deras baik untuk lele karena akan mensuplai air bersih. Namun bila terlalu deras justru tidak baik karena lele adalah tipikal ikan yang hidup di air tenang.

      Delete
  4. mas kolam saya berwarna hijau,dan air pun tidak berbau amis...tapi banyak bbit lele saya seukuran jari manis yang mati ya... sebelum mati dia menggantung tegak di atas permukaan air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi terserang penyakit Mas, salah satu penyakit yg sering menimbulkan kematian masal pada lele adalah penyakit kumis keriting

      Delete
  5. Mas saya mau tanya kolam saya kok warna coklat dan bau amis dan ikan nya nambang... tolong di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Bau amis karena kandungan sampah organik tinggi gan, kalau banyak cahaya alga akan tumbuh sehingga berwarna hijau, kalau kurang cahaya karena lg musim hujan yg akan tumbuh bakteri yg bikin kolam tambah bau dan berwarna coklat....
      Ikan mengambang karena kualitas air yang buruk...

      Delete
  6. Ikan saya lele saya muter2 gan.. padahal air dah di tambahin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan lele kadang ngambang dan berenang muter muter gak jelas tanda mau mati karena kualitas air buruk atau penyakit

      Delete
  7. Mau tanya mas...saya punya kolam ikan lele pake terpal.....agar air ny tidak berbau busuk gmana ya.mohon pencerahan n solusi ny

    ReplyDelete
  8. Mau tanya mas...saya punya kolam ikan lele pake terpal.....agar air ny tidak berbau busuk gmana ya.mohon pencerahan n solusi ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar air kolam tidak bau bisa pakai sistem kolam organik (air hijau) dengan bantuan probiotik atau bisa juga pakai sistem bioflok (air kemerahan).

      Delete
  9. Mass ...ikan lele saya sebesar jempol tangan... Malamnya ngak apa apa... Tapi pagi hari ikan semua menggantung... Padahal ngak ujan...kenapa ya mass????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lele mengambang karena kualitas air yang buruk mas, tidak hanya berasal dari air hujan tapi dapat juga dari kotoran ikan. Ada baiknya air kolam diganti separuhnya untuk memperbaiki kualitas air dan dilihat apakah ada perubahan tingkah laku ikan atau tidak.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. makasih gannn sangat membantu sekali dengan artikel dan jawaban yang diberikan. Salut sama agan

    ReplyDelete
  12. Mas lele sya setelah dikasih makan kok ada yg ngambang ya mas,,sebelum itu sya dh ganti airnya krna sblumnya gak mau makan,stelah dikasih air udah normal lg malah lebih bagus makan nya,tapi stelah mkan ada ikan lele yg ngambang gt mas,kenapa ya? Mohon jwabnnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kualitas air sudah baik, lele makan dengan lahap, dan tidak nampak penyakit di tubuh lele.......maka lele yang mengembang tidak perlu dikuatirkan mas, itu kadang terjadi pada lele yang masih kecil. Ketika sudah agak besar maka kebiasaan mengambang ini akan hilang.

      Delete
    2. Maaf mas tp tiap hari stelah dikasih makan selalu mengambang siap tu mati mas..
      Sati lg mas apa pelet harus di basahi dlu supaya mengembang sebeleum dksh makan ke lele?

      Delete
    3. Wah mungkin kena penyakit kembung itu mas...
      Coba dibaca disini
      https://tanikan.blogspot.co.id/2014/12/mengatasi-penyakit-kembung-pada-lele.html
      Tidak harus dibasahi mas, tapi seandainya dibasahi dulu akan lebih baik karena pelet akan mengembang di luar sebelum termakan jadi perut ikan tidak kepenuhan makanan

      Delete
    4. Terimakasih ya mas,sangat membantu sekali

      Delete
  13. Mas, lele saya sama seperti mas ari yanto, setelah di beri makan ngambang ke pinggr kolam dan ini terjadi setiap hari, kalau lele ini kembung, solusiyang tepat apa ya mas, air juga sudah di jaga kualitasnya, seminggu 2 x di ganti separuh

    ReplyDelete
  14. Mas, lele saya sama seperti mas ari yanto, setelah di beri makan ngambang ke pinggr kolam dan ini terjadi setiap hari, kalau lele ini kembung, solusiyang tepat apa ya mas, air juga sudah di jaga kualitasnya, seminggu 2 x di ganti separuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lele kembung tandanya perutnya membesar dan ikan malas berenang mas..
      Untuk solusinya bisa dibaca di alamat ini

      https://tanikan.blogspot.co.id/2014/12/mengatasi-penyakit-kembung-pada-lele.html

      Delete
  15. Mas ikan lele saya banyak yang kerdil/pertumbuhannya lamban.. pdhal lele yang lainnya (seusianya)sudah pada besar, apa ya penyebabnya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan lele dari induk yang sama memang memiliki pertumbuhan yg berbeda mbak, ada yg tumbuh cepat ada yg tumbuh lambat/kerdil itu wajar..makanya untuk pembibitan lele biasanya melakukan pengayakan beberapa minggu sekali untukumpulkan lele dengan ukuran yg sama

      Delete
  16. Mas mau tnyaa.. lele saya umur 40 hari kenpa ya mengambang diair klo pagi n sore hari. Tp kalo siang sehat2 saja n makannya lahap. Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin airnya kolamnya perlu diganti mbak, coba diganti separuh atau sepertiga dan lihat apakah lele masih mengambang atau tidak

      Delete
  17. Kolam saya airnya hijau dan air sudah saya ganti separuh tapi lele saya kok masih gantung ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dikasih antibiotik semacam tetrasiklin atau PK mas...mungkin lelenya terserang penyakit

      Delete
  18. Mas mau tanya,,kemarin lele ukuran jempol saya kasih ayam potong yg mati,,sudah saya bakar terlebih dahulu,,tp tiba tiba paginya banyak yg mati,,saya diamkan kok siangnya banyak lagi yg mati,,habis itu saya kuras airnya semuanya karena banyak minyak,,tp kok masih banyak lagi yg mati,,solusinya bagaimana,,dan minta solusi agar air bisa hijau dan tidak berbau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diberi makan daging tidak akan membuat lele mati mas, mungkin lele2 itu mati karena terserang penyakit..coba amati barangkali ada keanehan di tubuh lele2 itu misal jamur, kembung, atau kumis keriting..penyakit yg banyak membuat lele mati..
      Untuk membuat air kolam hijau cukup mudah, tinggal jangan terlalu banyak lele dalam satu kolam dan kolam tersebut selalu terkena matahari maka akan hijau..bila lele di kolam terlalu banyak untuk membuat air hijau harus ditambah dengan cairan organik (yang berisi nutrisi kumplit) sehingga memicu tumbuh alga

      Delete
  19. Saya mau nnyak mas, klw lele banyak yang ngapungdan ad juga yang mati? Solusinya gmna mas
    Mau di pindahkan k air yg Batu atau gmna mas, mhon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya di ganti saja mas...biasanya kualitas air yang buruk menyebabkan ikan lele mengambang

      Delete
  20. saat di kasih pribiotik , lele nya gapapa berada di dalam kolam, atau harus di angkat dlu semuanya di pindahin ke kolam yang lain ya mas , supaya lebih paham , soalnya pemula mas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Probiotik aman buat lele mas, bisa langsung dikasihkan saat ada lelenya...probiotik isinya adalah nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan alga

      Delete
    2. Probiotik untuk merek EM4 berapa dosisnya Min untuk per meter kubik air?

      Delete
  21. Saya mau nanyak mas..klw pengurasan air kolam lele sampai habis itu salah ya mas? Habis ikan lele saya setiap hari nya ada yng mati..trus stelah air nya dikuras sampek habis malah kematian semakin meningkat..tolong jawab ya mas..

    ReplyDelete
  22. Saya mau nanyak..apa pengurasan air kolam lele sampek habis itu salah? Tolong jelasin ya mas klo emang salah..soalnya setelah saya kuras habis air kematian ikan lele saya semakin meningkat...

    ReplyDelete
  23. Saya beli bibit lele ukuran 7cm an...
    Air rutin di ganti, warna hijau.
    Lele dlm 1bln sdh gd2.. uk 15/20cm.
    Anehnya seminggu ini justru yg uk.yg bsr2 pd mati...
    Knp ya???
    Klo korban kanibalisme sesama lele knp justru yg gd2 yg mati???

    ReplyDelete
  24. Mas aku mau tanyat nih... Klo kolam baru di isi air... Biar air bagus sebelum tebar benih... Air kolam harus di apain aja mas... Butuh tuntunan masih pemula

    ReplyDelete
  25. Ms unknown,tdk salah jk dilakukan pengurasan total, masalahnya hanya akan membuat anda capek. Akan lebih baik membuang 50-80% air dlm kolam, lalu diisi air kmbali, jd bs hemat waktu n tenaga.

    ReplyDelete
  26. Chirul, ada beberapa faktor lele mati :kekenyangan lalu kembung, suhu air berubah drastis, terkena penyakit, dan sifat kanibalisme lele sendiri.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  28. Mas mau nanya knpa ya bibit lele yg baru saya masukin ke kolam ikanya pada di permukaan gak gerak, baru gerak klo di sentuh lelenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan masih menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan mas, bisa karena perbedaan suhu yg terlalu ekstrim

      Delete
  29. Mas, ikan lele dikolam saya setelah diganti airnya ko malah mengambang ? kenapa ya mas ? minta solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena perbedaan suhu antara air lama dan air baru terlalu tinggi mas...

      Delete