Serba-Serbi Ikan Channa Green Goblin

Tren hobi channa memang sudah mulai turun tahun 2023 ini, tidak seperti beberapa tahun yang lalu dimana ikan galak ini sangat populer. Namun untuk orang-orang yang suka ikan channa, mereka tidak peduli dengan tren. Mereka tetap memelihara dan memprogres ikan kesayangannya dengan hati gembira.

Akhir-akhir ini ada jenis ikan channa yang cukup populer dicari di "mbah google". Pencarian informasi tentang channa ini melebihi pencarian untuk jenis channa yang lain. Jenis yang saya maksud adalah channa green goblin atau Channa pleurophthalma.

Channa pleurophthalma
Channa green goblin memiliki jumlah bulatan hitam yang berbeda-beda.

Channa Asli Indonesia

Channa green goblin adalah ikan asli indonesia, dia bisa ditemukan di sumatera dan kalimantan. Disebut green goblin karena warna tubuhnya punya semburat hijau mengkilap yang mengingatkan kita pada green goblin, tokoh antagonis di cerita spiderman.

Channa ini oleh penduduk asli sering dikonsumsi dagingnya karena memiliki ukuran yang cukup besar bisa mencapai 40 cm. Ikan galak ini bisa ditemukan di sungai atau di rawa-rawa gambut dengan sifat air cenderung asam.

Morfologi Tubuh

Channa green goblin dapat tumbuh hingga sekitar 40 cm. Tubuhnya panjang tapi cenderung gemuk dan lebar tidak ramping seperti Channa asiatica. 

Tubuhnya perak dengan semburat warna hijau atau biru dengan dua atau tiga bercak hitam besar yang dikelilingi warna oranye. Bercak hitam juga terdapat pada penutup insang atau operkulum dan sirip ekor.

Perutnya berwarna agak kuning, sirip punggungnya memiliki sekitar 40-43 duri sirip, sedangkan sirip perutnya memiliki sekitar 28-31 duri sirip.

Pemeliharaan

Memelihara chana green goblin sama dengan memelihara jenis channa lain. Dia bisa hidup di akuarium tanpa pompa filter atau aerator. Namun akan lebih baik kalau akuarium diberi filtrasi agar air menjadi lebih bersih dan sehat.

Deskiripsi

Channa pleurophthalma secara secara formal pertama kali di deskripaikam oleh ahli ikan dari Belanda bernama Pieter Bleeker pada tahun 1851. Nama ilmiah pleurophthalma berasal dari kata pleuro yang artinya samping dan ophthalma yang artinya mata. Ini berasal dari bulatan mirip mata yang ada di sisi tubuhnya. Bulatan mirip mata di tubuh, insang, dan ekor ini disebut dengan istilah ocelli.

Tingkah Laku

Seperti channa pada umumnya, ikan ini juga termasuk predator pemakan daging. Dia di habitat aslinya akan memakan ikan dan hewan-hewan kecil lain yang bisa ditangkap.

Channa green goblin adalah ikan yang suka hidup berkelompok. Tapi pada musim kawin dia akan berpasangan dan meninggalkan kelompoknya. Channa ini akan lebih indah dan menarik apabila dipelihara berkelompok dalam akuarium besar.

Setelah siap kawin akan terbentuk pasangan-pasangan yang akan memisahkan diri dengan ikan lainnya. Ketika sudah terbantuk pasangan, dapat dipisahkan ke akuarium lain agar bertelur dan menghasilkan anakan.

Kondisi Akuarium

Habitat asli ikan ini adalah perairan di Sumatera dan Kalimantan yang sifatnya asam. Jadi di akuarium dia lebih menyukai air yng sifatnya asam. Keasaman air bisa ditingkatkan dengan memberikan daun ketapang kering atau cairan ekstrak ketapang.

Akuarium lebih baik diberi tanaman air sebagai tempat istirahat dan sembunyi ikan bila dipelihara dalam kelompok. Selain untuk tempat istirahat, tanaman air juga bisa menjadi sarana berlindung ketika ikan yang lebih besar menyerang ikan yang lebih kecil.

Harga Channa Green Goblin

Harga green goblin ukuran 15 cm sekitar Rp 65.000 di toko oranye. Untuk ikan dengan ukuran lebih besar nanti harganya tentu lebih mahal lagi. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Serba-Serbi Ikan Channa Green Goblin"

Post a Comment