Tiga Keajaiban Ikan Betok

Betok (Anabas testudineus) adalah ikan yang ajaib. Ikan ini punya beberapa sebutan lain seperti betik, pepuyu, puyu-puyu, dan harfan. Dia ajaib karena punya beberap kemampuan yang tidak dimiliki ikan lain.

Betok berasal dari rawa-rawa dan sungai kecil mulai dari Pakistan, India, China, Jepang hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia. Namun kini ikan ini sudah mulai muncul di Australia dan menjadi spesies invasif di sana.

Betok
Ikan betok sedang berjalan di darat

Ada 3 hal yang menjadi penyebab utama betok dianggap sebagai ikan ajaib, berikut ini adalah penjelasannya.

Ikan yang mampu berjalan di darat

Betok punya wilayah persebaran yang luas dan dapat menginvasi Australia karena punya kemampuan berjalan di darat. Betok tidak punya kaki, tapi punya sirip kuat yang membuatnya mampu merayap di jalan. Selain menggunakan siripnya, betok juga menggunakan penutup insang yang dikembangkan untuk membantunya merayap.

Betok mampu berjalan di darat untuk berpindah dari satu kolam ke kolam lain di dekatnya. Persebaran ikan ini hingga bisa sampai Australia juga kemungkinan karena ada beberapa ekor yang berjalan ke darat masuk ke dalam perahu dan terbawa sampai Australia.

Ikan yang mampu hidup di luar air selama 10 jam

Betok mampu bertahan hidup di darat selama 10 jam. Mereka punya organ labirin yang membuatnya mampu mengambil udara langsung dari udara. Organ ini juga dimiliki oleh ikan lele dan ikan channa.

Saat berada di dalam air betok akan mengambil udara langsung di permukaan air secara berkala. Jadi kalau betok dipelihara di akuarium tanpa aerator, ikan ini masih bisa hidup dengan baik, sama seperti ikan channa.

Ikan betok mampu hidup lama di darat asalkan tidak tersengat matahari yang terik. Karena sengatan matahari dalam waktu yang lama akan membuat ikan ini dehidrasi walaupun dapat bernapas dengan baik.

Ikan yang bisa hidup di air tawar dan air asin

Betok termasuk ikan euryhaline, dia mampu hidup di perairan dengan kadar garam yang berbeda jauh. Umumnya betok hidup di air tawar daerah dataran rendah. Namun dia masih bisa hidup di air payau, bahkan di air laut-pun ikan ini masih bisa bertahan.

Karena kemampuan hidupnya yang luar biasa ini, betok menjadi ikan yang sangat aktif berpindah-pindah. Tidak takut dengan lingkungan baru, menjelajah kemanapun dia mau.


Itu adalah 3 keajaiban yang dimiliki ikan betok. Ikan ini biasa dikonsumsi dan menjadi sumber protein yang baik. Sayangnya mereka bukan termasuk ikan yang disukai dalam akuarium karena kurang menarik warnanya. Warna tubuhnya berkisar dari coklat hingga coklat kehijauan dengan sisik-sisik yang tebal dan agak kasar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Tiga Keajaiban Ikan Betok"

Post a Comment