Cara Membersihkan Dasar Akuarium Aquascape

Aquascape biasanya menggunakan pasir sebagai media menanam tanaman air. Ketika baru ditanam, media tersebut memang bersih namun setelah dipakai beberapa bulan media itu akan sangat kotor akibat kotoran ikan yang berserakan. Kotoran ikan ini akan membuat media tanam jadi tidak enak dipandang mata, dan juga membuat kadar amonia meningkat tajam.

Untuk membersihkan kotoran ikan yang ada di pasir butuh trik khusus, tidak boleh sembarangan. Bila asal menyedot dengan selang maka yang terjadi adalah pasir aquascape ikut terbuang bersama kotoran. Jadi harus memakai cara yang tepat agar kotoran terbuang tapi pasir tidak ikut terbuang.

Untuk mengatasi masalah ini saya biasanya menggunakan alat buatan sendiri dengan menyambung selang kecil dengan ujung botol air mineral.

membersihkan media aquascape
Bentuk selangnya adalah seperti pada gambar berikut ini.
Dengan selang seperti ini kita bisa menghisap kotoran dari pasir aquascape tanpa kuatir pasir ikut terbuang. Video cara kerja selangnya adalah sebagai berikut.

Bila video tidak muncul silahkan saksikan dalam link berikut Video Cara Kerja

Yang perlu diperhatikan adalah jangan salah menggunakan selang, sebaiknya pilih selang yang ukurannya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Apabila selang terlalu kecil, nanti kotoran tidak akan terhisap sempurna karena kekuatan sedotnya rendah. Tapi bila selang terlalu besar justru pasir bisa ikut terbuang bersama kotoran karena kekuatan sedot tinggi.

Saran saya adalah menggunakan selang water pass yang bisa dibeli di toko bangunan. Selang ini ukurannya sangat pas sehingga hanya kotoran yang akan terhisap dan pasir tidak akan ikut terhisap.

Untuk membuat selang hisap ini, bahan-bahannya adalah sebagai berikut.
  1. Selang water pass beberapa meter sesuai kebutuhan
  2. Botol air mineral bekas
  3. Lem kaca (sealer)
  4. Pisau cutter untuk memotong dan melubangi.
Begini proses pembuatannya.
  1. Potong ujung botol air mineral secukupnya
  2. Lubangi tutup botol air mineral sebesar ukuran selang
  3. Masukkan 1 cm ujung selang pada lubang yang telah dibuat di tutup botol
  4. Lem selang dan tutup botol hingga menyatu, lem perlu diberikan pada permukaan luar dan dalam
  5. Tunggu hingga lem kering
Proses pembuatannya sangat mudah dan sederhana. Alat ini sangat berguna untuk membersihkan media aquascape yang kotor karena mudah digunakan.

NB : Untuk menghisapnya secara manual tanpa mesin, paham semua lah ya tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membersihkan Dasar Akuarium Aquascape"

Post a Comment