Cahaya Yang Baik Untuk Pertumbuhan Tanaman Aquascape

Cahaya merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, karena cahaya merupakan sumber energi untuk fotosintesis. Oleh karena itu, kita harus memasang lampu di aquascape agar tanamannya bisa tumbuh dengan baik.

Lampu yang dipasang bisa berupa lampu neon, LED, maupun jenis lampu yang lain. Namun agar tanaman bisa tumbuh dengan baik, lampu yang dipasang sebaiknya memiliki pencahayaan yang sesuai dengan lebar akuarium dan jenis tanaman.

Berdasarkan pengalaman saya, tanaman aquascape akan tumbuh lebih baik dengan pencahayaan yang relatif redup atau tidak terlalu kuat. Karena banyak tanaman air di habitat aslinya memang hidup di perairan yang tertutup kanopi pohon, jadi memang tidak butuh cahaya yang terlalu kuat.

Hydrilla yang tumbuh di tempat dengan cahaya redup
Hydrilla yang hidup di tempat dengan cahaya redup

Saya punya dua kolam yang berisi tanaman hydrilla. Satu kolam langsung terkena cahaya matahari sedangkan kolam satunya tertutup kanopi namun masih ada cahaya remang-remang yang masuk.

Pada kolam yang terkena cahaya langsung, nampak daun hydrilla tumbuh kecil-kecil dan di permukaan daunnya ditumbuhi alga hijau yang membuatnyanya nampak kotor.

Sedangkan pada kolam yang terkena cahaya remang-remang, nampak hydrilla tumbuh dengan daun yang lebih lebar dan bersih. Permukaan daunnya bersih karena bebas alga dan nampak lebih indah dipandang mata.

Hydrilla yang hidup di tempat dengan cahaya matahari langsung
Hydrilla yang hidup di tempat dengan cahaya matahari langsung

Pada kolam yang tertutup kanopi, nampak hydrilla tumbuh dengan lebih baik dan lebih bersih. Padahal cahaya yang masuk hanya cahaya remang-remang yang tidak terlalu kuat. Namun cahaya remang-remang ini cukup untuk pertumbuhan hydrilla dan mencegah tumbuhnya alga. 

Dari sini kita dapat belajar bahwa, cahaya matahari langsung yang terlalu kuat justru tidak terlalu baik untuk pertumbuhan tanaman. Cahaya yang terlalu kuat dapat membuat alga tumbuh terlalu cepat dan mengganggu keindahan tanaman.

Ilmu ini dapat diterapkan juga pada aquascape kita. Sebaiknya menggunakan lampu yang cahayanya sedang-sedang saja atau sedikit redup daripada menggunakan lampu dengan cahaya yang terlalu kuat. Karena cahaya yang terlalu kuat akan membuat daun tanaman dan kaca akuarium mudah ditumbuhi alga, baik alga hijau, alga hitam, ataupun alga-alga yang lainnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cahaya Yang Baik Untuk Pertumbuhan Tanaman Aquascape"

Post a Comment