Cara Memijahkan Ikan Neon Tetra

Neon tetra selain memiliki warna tubuh yang indah, juga sangat jinak sehingga sangat disukai oleh pecinta ikan hias. Mereka suka berenang berkelompok, dan akan nampak sangat indah bila dipelihara dalam akuarium aquascape.

Nah dalam kesempatan ini, saya akan menjelaskan tentang cara memijahkan atau mengawinkan ikan neon tetra. Ikan ini termasuk sangat mudah dikawinkan apabila sudah cukup dewasa, neon tetra yang telah berumur 6 bulan sudah cukup matang untuk memijah dan berkembang biak.

Oke berikut ini adalah langkah-langkah mudah memijahkan neon tetra.

Bedakan neon tetra jantan dan neon tetra betina

Neon tetra jantan memiliki tubuh yang ramping, sedangkan betina memiliki tubuh gemuk terutama di bagian perut. Betina bertubuh gemuk karena menyimpan telur dalam perutnya.

neon tetra jantan betina
Neon tetra betina (female) bertubuh gemuk sedangkan yang jantan (male) bertubuh langsing

Siapkan tempat pemijahan

Siapkan akuarium dengan air bersih dan berilah tanaman air atau tanaman air plastik atau ijuk sebagai tempat penempelan telur. Nantinya neon tetra betina akan menempelkan telur-telurnya pada benda-benda itu. Usahakan akuarium pemijahan ditempatkan di tempat yang sepi dan tidak terlalu terang agar perkawinan bisa segera terjadi.

Masukkan induk yang siap kawin

Masukkan sepasang induk atau beberapa pasang induk ke dalam akuarium tersebut. Setelah beberapa jam, ikan yang siap kawin akan nampak berkejar-kejaran. Si jantan akan mengejar-ngejar betina untuk merangsang betina mengeluarkan telurnya. Biasanya neon tetra betina akan bertelur di pagi hingga siang hari, jadi sebaiknya induk dimasukkan di sore hari.

Perawatan telur

Setelah induk selesai bertelur, segera keluarkan induk dari akuarium pemijahan dan kembalikan ke akuarium asalnya. Setelah 1 hari telur-telur yang berhasil dibuahi akan berwarna bening sednagkan telur yang gagal dibuahi akan berwarna putih. Setelah sekitar 3 hari telur-telur tersebut akan mulai menetas.

telur ikan neon tetra
Telur ikan neon tetra

Perawatan larva

Larva yang beru menetas akan cenderung diam di dasar akuarium dan tidak bergerak kecuali mendapat gangguan. Mereka masih memiliki cadangan makanan jadi tidak perlu diberi makan hingga 2 hari. Setalah 2 hari, cadangan makanan mereka telah habis dan mereka mulai berenang, inilah saat yang tepat untuk mulai memberi makan larva.

Pakan larva

Larva ikan neon tetra dapat diberi makan kuning telur rebus yang telah dihancurkan atau juga artemia kecil. Kalau saya lebih suka memberi makan dengan artemia kecil karena tidak membuat air akuarium menjadi kotor. Setelah 2 minggu dapat dilatih diberi makan pelet apung berukuran kecil.

Mudah bukan, selamat mencoba sendiri di rumah. Kalau anda berhasil maka koleksi ikan neon tetra di rumah akan bertambah banyak heheheh. Oh iya sekali memijah seekor neon tetra betina dapat mengeluarkan 20 hingga 100 butir telur sesuai ukurannya. Dua minggu setelah bertelur, neon tetra betina umumnya sudah siap untuk bertelur lagi.

Baca juga :
Cara Mengawinkan Ikan Platy

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Cara Memijahkan Ikan Neon Tetra"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Wah terimakasih banyak infonya..saya juga tertarik budidaya neon tetra karena bagus peluangnya

    ReplyDelete
  3. Sy petani pebesaran neon tetra.sy mao coba memijah sendiri.alasanya brayakan neon tetra susah carinya,,mksh infonya

    ReplyDelete