Cara Mengobati Busuk Insang pada Ikan

Beberapa waktu yang lalu ikan mas koki saya satu-persatu mengambang, berenang di bagian atas akuarium dan akhirnya mati. Akhirnya 5 koki di akuarium itu mati 4 ekor, menyisakan 1 ekor yang hidup. Setelah saya perhatikan, ada yang aneh pada bangkai-bangkai koki itu...ternyata insang dan selaput penutup insangnya rusak.

Dari situ saya menyimpulkan bahwa ikan koki itu mati karena penyakit busuk insang (gill rot). Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh di insang ikan dan akhirnya merusak insang hingga koki kekurangan oksigen.

Insang sehat akan berwarna merah, namun serangan jamur tersebut akan membuat insang jadi nampak berwarna coklat dan mudah hancur. Hancuran insang akan membawa spora jamur yang nantinya akan menempel di insang ikan lain.

busuk insang
Insang yang rusak karena busuk insang

Awal serangan akan nampak ikan sering berenang di permukaan akuarium karena kekurangan oksigen. Ikan merasa kurang oksigen karena insangnya rusak sehingga kemampuan mengikat oksigen berkurang. Nah secara naluri agar memperoleh lebih banyak oksigen ikan akan berenang di permukaan yang dekat dengan udara langsung.

Penyakit ini sangat mematikan!!!!

Apabila 50% bagian insang sudah terserang jamur ini (warnanya sudah berubah) maka hampir pasti ikan akan mati. Namun bila baru menyerang sedikit bagian insang “sedikit kemungkinan” bisa disembuhkan dengan pengobatan yang baik.

Cara mengobati

Kembali ke cerita mas koki saya, ada 1 yang selamat dari serangan busuk insang. Dia bisa selamat karena sebelum insangnya rusak saya memberi obat di akuarium.

Saya memberi cairan methylene blue dan garam ikan ke dalam akuarium. Methylene blue saya berikan sesuai dengan dosis yang ada pada wadahnya, sedangkan garam saya berikan hingga konsentrasi garam di akuarium menjadi 0,3 %.

methylene blue
Cairan methylene blue, dapat dibeli dengan mudah di toko akuarium

Syukurlah...setelah pemberian treatment tadi, 1 koki bertahan dan hidup sampai sekarang.

Namun apabila anda mengalami kasus yang sama dan ternyata semua ikan mati, maka segera lakukan sterilisasi terhadap akuarium dan filter yang digunakan. Cuci bersihkan akuarium dan filter dengan deterjen dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering sebelum digunakan untuk memelihara ikan baru.

Deterjen dan sinar matahari ini akan mematikan sisa-sisa spora yang ada di akuarium dan filter.

Ikan-ikan yang sering kena busuk insang

Dari pengalaman saya, ikan mas koki dan koi yang sering kena busuk insang. Sedangkan ikan-ikan yang lain belum pernah saya jumpai.

Koki memang salah satu jenis ikan yang agak sulit dipelihara. Dia membutuhkan kondisi air yang bagus dan pemberian pakan yang tepat. Pemberian pakan yang berlebihan akan mengakibatkan munculnya penyakit kembung dll. Memang ikan ini agak ringkih.

Saksikan video cara mengobati busuk insang di link bawah ini
Mengobati Busuk Insang Pada Mas Koki

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mengobati Busuk Insang pada Ikan"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete