Mengatasi Ikan Arwana yang Suka Melompat

Arwana, ikan hias air tawar yang memiliki harga mahal. Jenis-jenis arwana yang banyak dipelihara orang antara lain super red, golden red, red banjar, golden pino, silver brazil, dan arwana irian. Dari jenis-jenis di atas yang paling mahal harganya adalah super red dan paling murah adalah jenis silver brazil. Ikan ini harus dipelihara dalam akuarium berukuran besar karena dapat tumbuh sangat panjang dan berukuran besar.

Salah satu masalah yang sering melanda kami pecinta arwana adalah ketika si arwana kesayangan tiba-tiba melompat keluar dari akuarium. Apabila arwana ketahuan melompat di siang hari tentu saja dapat langsung ditolong dan dikembalikan ke dalam akuarium. Namun bila arwana itu melompat di malam hari ketika semua orang rumah sudah tidur maka alhasil paginya sudah ditemukan mati di lantai...seperti yang pernah saya alami dulu.

jumping arowana
Arwana yang melompat keluar air untuk menangkap serangga

Berbekal dari pengalaman pernah kejadian arwana silver brazil melompat hingga mati, kini saya akan membagikan tips kepada teman-teman cara untuk menghindari hal itu terjadi.

Beri penutup akuarium

Arwana sebaiknya dipelihara dalam akuarium yang tertutup atasnya. Penutup ini sebaiknya menjangkau seluruh sudut akuarium dan juga diberi pemberat agar tidak mudah goyang ketika didorong arwana dari bawah. Cara yang paling sederhana dapat ditutup dengan lembaran triplek/kayu lapis dan diberi pemberat di bagian atasnya atau diberi pengunci di sudutnya.

Hindari mengisi air akuarium hingga penuh

Arwana memang terkanal suka melompat karena di habitat aslinya mereka kadang suka menangkap serangga yang terbang di permukaan air. Sebaiknya akuarium arwana hanya diisi air 2/3 nya saja, jangan hingga penuh untuk memberi ruang bagi hobi melompat si ikan naga ini. Bila diisi air hingga penuh maka ketika dia melompat akan langsung menabrak penutup akuarium dan akhirnya luka kepalanya.

Berilah makan secukupnya

Pengalaman arwana saya kadang melompat ketika melihat hewan di dinding dekat akuarium. Ini terjadi karena pemberian makan yang kurang sehingga si ikan kelaparan dan akhirnya tertarik dengan hewan-hewan di dinding. Bila arwana diberi makan dengan cukup mereka akan lebih tenang dan tidak bernafsu menangkap hewan di luar akuarium.

Tempatkanlah akuarium di tempat yang ramai

Arwana bisa menjadi ikan yang pemberani atau pemalu tergantung kebiasaan sehari-hari. Bila akuarium arwana diletakkan di tempat yang sering dilewati orang maka arwana tersebut akan terbiasa dengan kehadiran banyak orang dan jadi berani tidak mudah kaget. Namun bila akuarium arwana ditempatkan di tempat yang sepi menyebabkan ikan ini mudah kaget bila ada orang lewat. Nah ketika kaget, si arwana akan melompat-lompat tidak karuan. Maka untuk menghindari arwana yang kaget ini, peliharalah arwana di ruangan yang ramai.

Demikian sekelumit tips dari saya yang sudah malang melintang berkali-kali memelihara arwana...sekian.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mengatasi Ikan Arwana yang Suka Melompat"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas infonya, dan jangn lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    ReplyDelete