Ternyata Platy Memakan Hidra Lho

Ikan platy kadang dipelihara aquascaper untuk mengatasi masalah lumut yang tumbuh di dalam akuarium. Lumut-lumut akan tumbuh subur di akuarium apabila terlalu banyak sampah organik dan penyinaran lampu yang terlalu lama. Platy yang lapar akan memakan lumut-lumut dengan lahap sehingga akuarium nampak bersih kembali. Namun selain itu, ternyata si platy memiliki kemampuan tambahan karena akan memakan hidra yang tumbuh di akuarium.

Hidra merupakan hewan berukuran mini, hanya beberapa milimeter saja. Hewan ini akan menempel pada pasir, batu, tanaman air, maupun kaca akuarium dengan menggunakan dasar tubuhnya yang dilengkapi zat lengket. Bagian atas hidra berbentuk mirip rambut yang menjalar di air, disebut dengan tentakel. Pada tentakel ini terdapat alat penyengat yang dapat membunuh hewan kecil seperti larva ikan.

platy lyretail
Ikan platy lyretail

Mengatasi masalah hidra cukup sulit karena pengambilan secara manual tidak memungkinkan. Beberapa aquascaper kadang menggunakan suhu air yag tinggi sekirat 40 derajat C untuk mematikan hidra dengan terlebih dulu memindahkan ikan keluar akuarium. Namun cara ini kadang cukup merepotkan dan membahayakan tanaman air terutama yang tidak tahan panas.

Cara yang paling sederhana dan gampang adalah dengan memelihara hewan pemangsa hidra, salah satunya adalah si ikan platy. Platy merupakan ikan keluarga teri-terian yang memiliki pola warna sangat beragam dan biasanya dijual murah. Platy yang tidak terlalu banyak diberi makan pelet akan mencari makanan lain yang ada di dalam akuarium. Sasarannya adalah lumut-lumut liar dan hidra yang tumbuh di dalam akuarium.

Yah walaupun si platy tidak akan memakan habis semua hidra, namun paling tidak dapat mengendalikan jumlah hidra sehingga tidak berlebihan. Karena si hidra ini sangat mudah berkembangbiak dengan membentuk tunas tubuh.

Namun berdasarkan pengalaman saya, mungkin berbeda dengan pengalaman orang lain. Platy yang cukup ganas memakan hidra adalah dari jenis golden black lyretail, karena pernah saya memelihara dari jenis tricolor mickey mouse namun tidak terlalu rakus. Mungkin beda orang bisa beda keadaan tergantung dari kondisi dan suhu tempat juga. Yang penting intinya adalah ikan platy bisa mengatasi masalah hidra di akuarium aquascape anda.

Baca juga Jenis-Jenis Ikan Platy Populer

Sekian

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ternyata Platy Memakan Hidra Lho"

Post a Comment