Cara Mudah Mempercepat Pertumbuhan Ikan Nila

Nila merupakan ikan konsumsi yang memiliki nilai ekonomis tinggi karena memiliki daging yang tebal dan rasa yang nikmat. Nila dapat diolah menjadi berbagai masakan mulai dari yang sederhana seperti digoreng hingga dibuat nila fillet saos tiram yang repot membuatnya. Oleh karena itu pasokan ikan nila di pasaran selalu dicari untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut banyak dikembangkan budidaya nila di berbagai tempat.

Budidaya nila cukup mudah dilakukan karena ikan ini tahan dengan kondisi air yang tidak terlalu bagus, asalkan kadar oksigen mencukupi. Dengan laju air yang tidak terlalu deras-pun ikan nila dapat tumbuh dengan baik asalkan jumlah ikan disesuaikan dengan luas kolam agar ikan memperoleh cukup oksigen untuknya bernapas.

nila merah
Ikan nila merah

Banyak cara yang digunakan orang untuk mempercepat pertumbuhan nila budidayanya. Ada yang menggunakan enzim tambahan untuk mempercepat proses pencernaan, ada yang menggunakan hormon untuk mengubah semua larva nila menjadi jantan, dan ada pula yang menggunakan pakan dengan kadar protein super tinggi.

Cara-cara di atas sangat baik ketika diterapkan untuk mempercepat pertumbuhan nila, namun sayangnya biaya yang dikeluarkan-pun cukup mahal. Coba bayangkan anda menggunakan teknolgi hormon untuk mempercepat pertumbuhan nila. Satu botol kecil hormon testosteron yang digunakan memiliki harga jutaan yang tentu kurang ekonomis digunakan oleh petani kecil. Dalam tulisan ini saya ingin sedikit membagi tips untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila dalam kolam dengan mengunakan cara yang mudah, alami, dan tentu saja murah. 

Sebelum saya membahas caranya, saya ingin mengingatkan lebih dulu bahwa nila merupakan hewan omnivora yang akan memakan baik tumbuhan maupun hewan. Semakin banyak ikan nila makan, tentu akan semakin cepat besar pula nila tersebut tumbuh. Petani nila biasanya memberi ikan nilanya dengan pelet buatan pabrik dengan kadar protein 15 hingga 30 %. Pelet buatan ini sangat bagus untuk nila, namun apabila memberikan pakan terlalu banyak akan semakin menguras kantong petani.

Jadi yang saya maksud dengan "cara mudah mempercepat pertumbuhan nila" adalah dengan memanfaatkan pakan alami yang terdapat pada kolam. Ikan nila sangat menyukai lumut yang tumbuh di dasar maupun dinding kolam. Ikan-ikan ini akan mematuk-matuk dasar kolam atau dinding kolam untuk memperoleh lumut sebagai makanan tambahannya. Tapi justru sifat nila ini dapat kita gunakan untuk mempercepat pertumbuhan nila dengan cara memperbanyak lumut yang tumbuh di kolam.

Semakin banyak lumut yang tumbuh semakin banyak makanan untuk nila, semakin banyak nila makan semakin cepat besar pula nila tersebut. Jadi intinya adalah memperbanyak jumlah lumut yang tumbuh di kolam. Terus bagaimana cara memperbanyak lumut di kolam? caranya sangat mudah, yaitu dengan memasukkan benda-benda tertentu ke dalam kolam sebagai media tumbuh lumut.

Seperti diketahui bahwa lumut dapat tumbuh dengan sendirinya di kolam asalkan ada media tempat tumbuhnya. Kayu, dinding kolam, batu, bahkan daun yang membusuk pun dapat menjadi media pertumbuhan lumut. Dengan menyediakan media pertumbuhan ini, kita dapat memperbanyak lumut yang tumbuh sehingga menyediakan makanan tambahan yang melimpah untuk nila.

Benda yang saya anjurkan untuk dimasukkan adalah potngan bambu yang disatukan yang biasanya digunakan untuk pembatas lahan rumah atau kebun, atau dalam bahasa jawanya disebut "getek" atau dinding bambu atau pembatas bambu.

media tumbuh lumut
Pagar anyaman bambu sebagai media tumbuh lumut

Getek ini dibuat tidak terlalu rapat dan dimasukkan ke dalam kolam secukupnya. Nantinya lumut-lumut akan tumbuh pada getek ini sehingga menyediakan makanan bagi nila peliharaan kita. Kenapa saya pilih getek, karena membuatnya mudah, terkesan rapi, dan mudah dipindahkan keluar masuk kolam apabila diperlukan.

Namun anda dapat berekspresi dengan menggunakan benda lain sebagai media tumbuh lumut. Bisa hanya dengan potongan kayu, ember berlubang, atau potongan kursi yang tidak terpakai. Tapi apabila menggunakan bahan-bahan yang sembarangan, kolam anda akan nampak berantakan dan terkesan tidak enak dipandang mata.

Jadi intinya adalah memperbanyak lumut yang tumbuh di dalam kolam, silahkan tentukan cara yang menurut anda paling mudah untuk digunakan. Yang penting adalah jangan memasukkan terlalu banyak benda yang tidak berguna, karena terlalu banyak benda di kolam justru akan mempersempit ruang hidup ikan dan malahan membuat ikan tidak tumbuh maksimal.

Selamat mencoba.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Mempercepat Pertumbuhan Ikan Nila"

Post a Comment