Membedakan Neon Tetra Jantan dan Betina

Neon Tetra merupakan ikan hias yang sangat populer karena memiliki warna tubuh yang indah. Perpaduan warna merah dan biru cemerlang di tubuhnya sangat cantik bila dilihat di akuarium terutama dalam keadaan berkelompok (schooling). Ikan ini juga tidak terlalu mahal harganya sehingga sangat mudah dijangkau oleh banyak kalangan penghobi ikan.

Permintaan akan neon tetra di pasaran sangat tinggi, oleh karena itu banyak orang yang berlomba-lomba membudidayakan ikan satu ini. Sebelum mulai membudidayakan-nya, yang penting diperhatikan adalah membedakan non tetra jantan dan betina. Berikut ini saya akan berbagi tips mudah untuk membedakan neon tetra jantan dan betina sehingga bisa membantu anda dalam budidaya neon tetra.

Neon tetra (Paracheirodon innesi) merupakan ikan asli sungai amazon yang cukup mudah dibedakan jantan dan betinanya.

Neon tetra jantan
  • Memiliki tubuh yang ramping
  • Warna tubuhnya lebih terang dari betina
  • Tubuhnya berukuran lebih kecil dari betina
  • Pada musim breeding akan nampak mengejar betina

Neon tetra betina
  • Memiliki tubuh yang agak gemuk karena berisi telur
  • Warna tubuhnya tidak se-terang jantan
  • Tubuhnya berukuran lebih besar dari jantan
  • Pada musim breeding akan nampak dikejar jantan

Dari semua perbedaan tersebut, yang paling mudah dideteksi adalah berdasarkan bentuk tubuhnya. Ketika telah matang seksual (dewasa), neon tetra betina akan menghasilkan telur sehingga perutnya cenderung membesar seperti orang hamil. Hal ini menjadi pertanda yang sangat mudah untuk membedakan jantan dan betina, karena si jantan tetap ramping saat matang seksual.

Perhatikanlah gambar berikut ini.

neon tetra jantan dan betina
Sepasang neon tetra

Setelah membaca penjelasan di atas, dapatkah anda menebak ikan dalam gambar, manakah yang jantan dan mana yang betina?

Yap....ikan yang berada di atas merupakan neon tetra betina karena memiliki perut yang cenderung gemuk, sedangkan yang bawah merupakan neon tetra jantan. Sangat jelas perbedaan di antara keduanya dimana yang satu gemuk dan yang satu ramping. Bahkan ikan-ikan betina yang telah berumur (tua) kadang dapat memiliki perut yang sangat gemuk karena saking banyaknya telur yang dihasilkannya.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Membedakan Neon Tetra Jantan dan Betina"