Pakan Tambahan yang Baik Bagi Lobster

cacing sutra
Cacing sutra, pakan tambahan yang baik bagi lobster
Pakan yang baik sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan lobster budidaya. Lobster yang kurang makan atau makanannya memiliki kadar protein yang rendah akan mengalami pertumbuhan yang lambat. Para peternak umumnya memberi pakan lobster dengan pelet udang yang langsung tenggelam begitu ditebar di kolam. Pemberian pelet udang cukup baik bagi lobster namun kadar vitamin dan mineral dalam pelet tersebut tidak begitu lengkap.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi , lobster tidak hanya butuh protein, lemak, dan karbohidrat saja, namun juga memerlukan vitamin dan mineral yang penting bagi proses metabolismenya. Untuk melengkapi kebutuhuhan nutrisi tersebut, peternak dapat memberikan pakan alami yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Pakan alami tersebut dapat menjadi pelengkap pelet yang diberikan sehingga pertumbuhan lobster menjadi maksimal.

Lobster adalah hewan omnivora, mereka memakan baik hewan dan tumbuhan yang ditemukannya. Beberapa pakan tambahan yang baik bagi lobster dan mudah diperoleh adalah sebagai berikut.

Ikan rucah
Bagi peternak yang tinggal di dekat pantai, dapat mencari atau membeli ikan rucah yang berharga murah sebagai pakan tambahan lobster. Ikan memiliki kadar protein yang sangat tinggi dan dalam keadaan segar memiliki vitamin dan mineral yang sangat baik bagi lobster.

Cacing
Peternak dapat mencari cacing tanah atau cacing sutra sebagai pakan tambahan bagi lobsternya. Cacing sutra dapat dicari di selokan-selokan air yang kaya material organik, cacing ini sangat kecil dan seperti benang dan sangat baik bagi lobster berukuran kecil. Pemberian cacing tanah atau cacing sutra sebaiknya dibersihkan dulu dengan mencucinya dalam air bersih agar tidak membawa kotoran yang dapat membahayakan lobster.

Wortel
Wortel adalah pakan alami yang sering digunakan peternak untuk mencukupi kebutuhan vitamin A lobster. Vitamin A diketahui dapat mempercepat pematangan gonad lobster dan baik untuk lobster yang dipersiapkan sebagai indukan.

Lumut
Lumut yang tumbuh di kolam lobster dapat menjadi makanan gratis bagi lobster. Lumut memiliki vitamin dan mineral yang tinggi yang dibutuhkan metabolisme lobster.

Selain bahan-bahan di atas, lobster dapat diberi pakan dengan buah-buahan dan umbi-umbian segar lain yang mudah dijumpai di sekitar tempat tinggal peternak. Yang harus diperhatikan adalah, jangan berlebihan dalam memberi pakan yang justru dapat menjadi sampah dan mengotori kolam. Pemberian pakan tambahan dapat diberikan 3 kali seminggu sebagai suplemen bagi lobster. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pakan Tambahan yang Baik Bagi Lobster"

Post a Comment