Lobster Stress, Penyebab Utama Kematian Lobster

lobster mati
Lobster mati, terutama karena stress
Lobster adalah hewan yang memiliki kulit luar yang kuat (eksoskeleton), oleh karena itu mereka jarang sekali terserang penyakit. Walaupun nyatanya tetap saja ada penyakit-penyakit yang umum menyerang lobster. Baca Penyakit-Penyakit yang Menyerang Lobster.

Penyakit-penyakit tersebut jarang sekali menyebabkan kematian pada lobster. Penyebab utama kematian lobster, terutama lobster dewasa adalah gejala stress pada lobster tersebut. Lobster yang stress akan kehilangan nafsu makan, dan akhirnya akan mati lemas karena kurang tenaga. Lobster yang stress akan cenderung diam dan pasif, berbeda dengan lobster sehat yang cenderung aktif.

Lobster dapat menjadi stress karena banyak penyebab, beberapa diantaranya yaitu:
  • Stress karena perjalanan jauh
  • Stress karena pergantian suhu air yang mendadak
  • Stress karena pergantian tempat hidup
  • Stress karena gangguan manusia
  • Stress karena aktivitas kawin yang terputus

Bagaimana cara mengatasi masalah lobster stress tersebut? cara yang paling baik adalah dengan meletakkan lobster tersebut pada kolam yang baik. Kolam yang baik adalah kolam yang tidak terlalu sempit dan memiliki kondisi air yang optimal (bersih dan segar). Kandang juga diberi shelter yang nyaman sebagai tempat bersembunyi lobster. Namun yang paling penting adalah kurangi kontak langsung dengan lobster stress tersebut, jangan terlalu sering melihatnya yang justru dapat menambah tingkat stressnya.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Lobster Stress, Penyebab Utama Kematian Lobster"