Cara Membangkitkan Warna Ikan dengan Vitamin A

Warna tubuh ikan hias sangat mempengaruhi keindahannya di akuarium. Oleh karena itu banyak orang rela membeli pakan yang mahal demi mendapatkan keindahan maksimal dari ikan peliharaannya.

Ikan-ikan macam lou han, arwana, guppy, koi, cupang, dan goldfish bila diberi pakan yang biasa-biasa saja tidak akan menunjukkan performa maksimalnya, warna ikan-ikan ini akan jadi kusam dan kurang menarik. Agar si ikan berwarna terang perlu diberi pakan khusus untuk membangkitkan warnanya. Oleh sebab itu banyak sekali beredar di pasaran jenis pakan-pakan ikan yang disebut mampu membangkitkan warna ikan.


Bila teman-teman membaca brosur di balik wadah makanan-makanan itu, akan ditemukan fakta bahwa makanan yang disebut mempu membangkitkan warna ikan memiliki kadar vitamin A yang agak tinggi. Bila dibandingkan dengan pakan biasa, vitamin A pada pakan pembangkit warna memiliki kadar yang lebih tinggi.

Fungsi vitamin A dalam tubuh ikan

Teman-teman tentu tahu bahwa wortel memiliki kandungan vitamin A tinggi. Wotel memiliki warna kuning oranya cerah pada umbinya. Warna oranye ini disebabkan dalam sel-sel wortel terdapat banyak sekali kristal-kristal pro vitamin A. Karena sejatinya vitamin A memang berwarna merah oranye terang.

Vitamin A sangat diperlukan oleh makhluk hidup untuk berbagai proses metabolisme penting dalam tubuh. Vitamin A adalah jenis vitamin yang tidak larut air, jadi kelebihan vitamin A dalam tubuh tidak akan dibuang tetapi disimpan dalam hati dan jaringan ikat di bawah kulit.

Ketika ikan diberi makanan dengan kandungan vitamin A tinggi, sebagian vitamin itu digunakan untuk metabolisme dan sisanya disimpan di bawah kulitnya. Penyimpanan vitamin di bawah kulit ini akan membuat warna ikan nampak lebih jelas, terutama warna merah dan oranye-nya.

Jadi kalau teman-teman sering memberi makan dengan vitamin A tinggi maka semakin banyak vitamin A yang disimpan di bawah kulit dan semakin cerah pula warna ikan itu. Jadi bisa disimpulkan semakin banyak vitamin A dalam makanan akan membuat warna ikan semakin terang.

Cara membuat warna ikan cemerlang

Kita bisa membuat warna ikan semakin indah dengan membeli pakan berkadar vitamin A tinggi buatan pabrik, atau dengan pakan murah yang diberi tambahan suplemen vitamin A.

Vitamin A banyak dihual di apotik-apotik dan harganya tidak mahal. Dengan mencampurkan sedikit vitamin A pada makanan ikan maka akan menjadi nutrisi tambahan yang baik untuk warna ikan.

pellet ikan campur vitamin A
Pelet ikan bisa dicampur vitamin A untuk membangkitkan warna ikan hias

Bila teman-teman akan menambahkan vitamin A sebaiknya gunakan jenis pro vitamin A yang diekstrak dari bahan alami seperti wortel, dan hindari menggunakan vitamin A yang berasal dari bahan kimia. Karena mau bagaimanapun bahan alami selalu lebih baik dan lebih aman dari bahan kimia.

Di apotik dan toko kesehatan sudah banyak sekali beredar vitamin A yang di ekstrak langsung dari bahan alami. Harganya memang lebih mahal dari vitamin A kimia tapi tentu lebih sehat. Dan sekali beli bisa dipakai hingga berbulan-bulan bahkan tahunan.

Bahaya vitamin A

Seperti jenis-jenis vitamin lain dalam tubuh, vitamin A juga hanya diperlukan dalam jumlah sedikit sekali bagi metabolisme dan kelebihannya akan disimpan. Namun kemampuan tubuh ikan untuk menyimpan vitamin A juga terbatas dan bila terlalu berlebihan justru akan menimbulkan penyakit.

Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan kerusakan hati, iritasi kulit, dan penipisan tulang. Dan bila kelebihan vitamin A terjadi dalam waktu lama dapat menyebabkan kematian.

Jadi bila teman-teman mau mencampurkan vitamin A ke makanan ikan harus hati-hati dan jangan diberikan setiap hari. Bila warna ikan sudah nampak kusam berilah suplemen vitamin A namun bila warnanya masih terang jangan beri vitamin A.

Saya pernah cobakan ke ikan lou han dan hasilnya cukup memuaskan.
Selamat mencoba sendiri.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membangkitkan Warna Ikan dengan Vitamin A"

Post a Comment