Ikan Guppy Banci, Kok Bisa?

Bagi teman-teman yang hobi ikan guppy barangkali sudah tidak asing dengan adanya fenomena guppy banci. Guppy banci adalah ikan guppy yang tidak jelas jenis kelaminnya antara jantan atau betina.

Saya beberapa kali memelihara guppy banci dalam akuarium. Kebetulan saya beternak guppy di kolam belakang rumah dan punya koleksi guppy cukup banyak dan beberapa nampak berbeda dari yang lain karena tidak jelas jenis kelaminnya.

Guppy banci yang sering saya jumpai biasanya memiliki bentuk tubuh dan warna mirip betina, namun memiliki gonopodium atau alat bantu kawin yang biasanya dimiliki jantan. Gonopodium yang dimiliki guppy banci ini tidak sepanjang milik jantan sesungguhnya.

guppy albino red jantan dan betina
Albino red jantan dan betina

Saya belum pernah mengawinkan guppy banci dengan betina maupun jantan, namun berdasarkan pengalaman teman-teman saya katanya guppy ini mandul alias tidak bisa menghasilkan keturunan.

Guppy banci timbul karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh guppy, dan ini tidak bisa disembuhkan. Guppy ini dianggap ikan cacat oleh peternak dan biasanya akan dibuang.

Orang awam yang belum terlalu paham dengan ikan guppy akan menganggap bahwa guppy ini berkelamin betina karena sekilas memang mirip sekali dengan guppy betina normal. Perlu kejelian dalam memperhatikan gonopodiumnya untuk tahu bahwa ini merupakan ikan banci.

ikan guppy banci
Ikan guppy banci memiliki gonopodium tapi fisiknya mirip betina

Dalam gambar di atas adalah guppy jenis albino red banci. Albino red jantan memiliki tubuh seluruhnya merah dengan sirip ekor yang lebar, sedangkan betina warna merahnya hanya di bagian belakang tubuh dan memiliki sirip ekor tidak selebar jantan.

Sedangkan guppy banci dalam gambar, memiliki bentuk yang mirip guppy betina namun memiliki gonopodium.

Ada juga teman saya yang menemukan guppy banci dengan tubuh dan warna mirip jantan namun dengan ukuran besar melebihi ukuran normal.

Yah fenomena guppy banci merupakan salah satu keunikan dunia binatang yang memperkaya khasanah guppy-guppy di dunia pecinta ikan hias air tawa.

Baca juga : Pengalaman Memijahkan Ikan Guppy

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Ikan Guppy Banci, Kok Bisa?"