Ciri-Ciri Ikan Koki Sakit

Ikan mas koki termasuk ikan jinak yang suka berenang berkelompok. Bila dalam keadaan sehat, mereka cenderung lebih suka berkumpul bersama berenang kesana kemari daripada berenang sendiri-sendiri.

Nah dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ciri-ciri ikan koki yang sakit dilihat dari perilaku renangnya.

Dalam keadaan sehat mereka akan berenang dengan lincah dan cenderung mendekat bila kita mendekati akuarium. Ikan koki mendekat karena mengira kita akan memberi makan.

Ikan koki yang sehat senang berenang dalam kelompok

Namun ikan yang sakit cenderung tidak merespon ketika kita mendekat. Mereka berenang kurang lincah dan memisahkan diri dari teman-temannya. Berikut ini adalah 4 tanda mas koki teman-teman sedang tidak sehat.

Koki memisahkan diri dari kelompok

Ikan koki yang memisahkan diri dari kelompok adalah ikan yang tidak sehat. Kadang mereka memisah karena diusir oleh koki lain yang sehat. Ikan sehat kadang suka mengusir ikan yang sakit agar penyakitnya tidak menular.

Koki berenang tidak lincah

Ikan yang sehat tentu akan berenang dengan lincah kesana kemari. Namun ikan yang sakit, tubuhnya akan lemas dan cenderung malas berenang. Dia cenderung diam di satu tempat dan hanya bergerak bila diganggu atau karena makan saja.

Koki cenderung berenang di atas akuarium

Koki termasuk ikan penghuni dasar hingga pertengahan akuarium, mereka memiliki sifat bottom feeder yaitu suka memakan makanan yang jatuh di dasar akuarium. Karena itu apabila ada koki yang cenderung berenang di bagian atas akuarium dalam waktu lama itu adalah tanda ikan sakit.

Koki berenang terbalik

Koki yang nomal tentu akan berenang tegak, namun bila koki berenang terbalik itu artinya koki sedang tidak sehat. Koki berenang terbalik umumnya karena masalah pada sistem pencernaanya.

Baca juga: Mengatasi Masalah Ikan Koki Berenang Terbalik

Terus apa yang harus dilakukan apabila tanda-tanda tersebut muncul di koki peliharaan kita?
Yang pertama adalah mengetahui si koki sakit apa dulu setelah itu baru berusaha mengobati sesuai dengan jenis penyakitnya. Penyakit-penyakit yang sering menyerang koki antara lain:

  • White spot (bintik putih)
  • Berenang terbalik karena perut kembung
  • Kutu jarum/ lernea elegans
  • Kutu ikan/ argulus
  • Busuk sirip
  • Jamur/ Cotton wool disease
  • Dropsy
  • Cacing tubuh/ insang
  • Tubuh berlubang/ hexamita

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri-Ciri Ikan Koki Sakit"

Post a Comment