Ikan Guppy Liar di Kolam Saya

Banyak yang tidak tahu kalo ternyata di sekitar tempat tinggal kita banyak sekali ikan guppy / gapi liar. Ikan guppy merupakan ikan hias populer yang bersirip indah sehingga banyak dipelihara orang. Padahal di sekitar kita banyak sekali ikan-ikan guppy liar....ya ikan guppy liar, walaupun tubuhnya tidak seindah guppy yang dijual di toko ikan.

Guppy liar yang saya maksud ini adalah ikan cere atau ikan cethul. Ikan cere sangat banyak dan melimpah di sungai dan kolam-kolam di sekitar tempat tinggal kita. Ikan ini sangat mudah sekali hidup dan berkembang biak dan dalam waktu singkat jumlahnya menjadi berlipat ganda.

ikan cere
Seekor cere betina dan dua ekor jantan

Ikan cere jantan memiliki tubuh yang langsing sedangkan si betina memiliki tubuh yang lebih gemuk. Jantan tubuhnya berwarna kuning agak kemerahan dengan spot-spot hitam, sedangkan si betina tubuhnya coklat buram. Tubuh betina dapat mencapai ukuran 3 cm namun yang jantan biasanya lebih kecil.

Ikan cere ini kadang ditangkap untuk digoreng, namun rasanya agak pahit kalau isi perutnya tidak dikeluarkan. Saya sering menangkap ikan ini untuk pakan ikan louhhan dan arwana karena sangat mudah ditangkap dan gratis hehehe, daripada saya harus membeli jangkrik yang kadang ada kadang tidak.

Saya suka memberi makan louhan dengan cere karena louhan menjadi cepat besar. Ikan cere memiliki kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan, kadar protein di dalamnya cukup tinggi.

ikan cere
Ikan guppy dulunya merupakan hasil seleksi breeder dari ikan cere

Dulu waktu masih SMP saya menemui penjual ikan hias keliling yang menjual ikan cere jantan dibungkus dalam plastik. Bila ikan cere jantan dipelihara dalam akuarium dalam jumlah banyak akan terlihat indah apalagi kalau diberi lampu penerangan.

Namun sebenarnya ikan cere atau yang bernama latin Poecilia reticulata bukanlah ikan asli Indonesia. Ikan ini berasal dari Amerika, Afrika, dan beberapa tempat Asia Tenggara dan datang pada masa penjajahan dengan tujuan disebar di perairan untuk membasmi jentik nyamuk. Namun ikan ini malah tumbuh dengan cepat dan menyebar hingga kemana-mana.

Masa kehamilan ikan ini berlangsung sekitar 30 hari. Ikan ini tidak bertelur namun langsung melahirkan anaknya. Jadi telur ikan cere akan berkembang di dalam perut betina hingga nanti siap dilahirkan dan keluar sudah dalam bentuk cere kecil. Sekali beranak akan lahir dari 20 hingga 100 anak cere tergantung ukuran induknya. Model perkembangbiakan seperti ini disebut dengan istilah ovovivipar atau bertelur dan beranak.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Ikan Guppy Liar di Kolam Saya"