Manfish, Angelfish si Ikan Bidadari

Angefish (Pterophyllum scalare) atau lebih umum disebut dengan manfish adalah ikan hias populer dengan sirip yang indah. Siripnya memanjang dan lebar hingga membuatnya sangat cantik ketika dipelihara dalam akuarium. Warna tubuhnya biasanya kombinasi antara perak, hitam, dan kekuningan.

Ikan ini berasal dari Amerika di sungai amazon dan sekitarnya. Manfish masuk dalam famili cichlidae bersama ikan lou han, siklid lemon, parot dll, namun perbedaanya hanya pada siripnya yang lebih panjang. Tidak seperti ikan siklid lain yang cenderung ganas dan tidak akur dengan rekan sesama akuarium, manfish merupakan ikan yang lebih jinak. Namun jangan mencoba mencampur dengan ikan yang sangat kecil karena mereka suka memakan ikan yang muat di mulutnya. Sebenarnya manfish adalah omnivora yang dapat diberi makan apa saja dalam pemeliharaan. Namun umumnya akuaris memberinya makan dengan pelet apung yang berukuran kecil.

Informasi memelihara
Ukuran akuarium minimal: 30 gallon
Kesulitan memelihara: mudah
Sifat: semi-agresif
Kondisi air: 24-28 derajat celcius, pH 5.8-7.0
Ukuran maksimal: 6 inchi
Warna tubuh: hitam, perak, kekuningan
Sifat makan: omnivora
Asal: Amerika Selatan
Famili: Cichlidae

Berdasarkan pola di tubuhnya manfish dapat dibedakan menjadi.
  • Zebra manfish dengan pola hitam mirip zebra
  • Koi manfish dengan pola tubuh hitam, putih, dan orange mirip koi
  • Black manfish dengan tubuh berwarna hitam
  • Albino manfish dengan tubuh putih dan mata retina mata merah
  • Blue manfish dengan tubuh putih agak biru
  • Platinum manfish dengan warna tubuh platinum/platina
  • Half black manfish dengan warna tubuh setengah hitam dan setengah perak
  • Gold veil manfish dengan warna tubuh keemasan
  • Smokey leopard veil manfish dengan warna tubuh berpola totol-totol
  • Marble veil manfish dengan warna hitam, perak, dan kuning berpola marmer
platinum manfish
Platinum manfish yang langka dan berharga mahal

Ikan ini cukup pemalu apabila dipelihara dalam akuarium yang jarang dilewati orang. Ketika ada orang mendekat meraka akan langsung bersembunyi di pojok akuarium. Namun apabila dipelihara dalam akuarium yang sering dilewati orang mereka akan terbiasa dan sifat pemalunya hilang. Saya sarankan untuk menaruh akuarium berisi manfish di tempat yang ramai.

Manfish dapat mencapai ukuran sekitar 6 inchi dalam akuarium yang besar. Mereka cukup mudah berkembangbiak dalam akuarium. Untuk membiakkannya biarkan manfish dewasa memilih pasangannya. Setelah mereka berpasangan, ditandai dengan berenang berdua bersama, letakkan media menempelkan telur berupa batu atau tanaman air dengan daun lebar. Manfish akan meletakkan telur pada media tersebut dan telur akan menetas setalah sekitar 2 hari tergantung suhu lingkungan.

Harga ikan manfish ternakan lokal dengan ukuran 5 cm di toko akuarium sekitar Rp. 2.500

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Manfish, Angelfish si Ikan Bidadari"

  1. I am overwhelmed by your post with such a nice topic. Usually I visit your blogs and get updated through the information you include but today’s blog would be the most appreciable. Well done! click here

    ReplyDelete