Merawat Ikan Arwana Silver Brazil

Arwana silver brazil merupakan jenis ikan yang banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan. Bentuk tubuhnya panjang dengan sisik besar dan gerakan tubuh yang gemulai membuatnya nampak indah di akuarium. Namun karena dapat mencapai ukuran yang panjang, sebaiknya ikan ini dipelihara dalam akuarium dengan ukuran besar.

Berikut ini saya akan berbagai tips-tips cara merawat ikan arwana silver brazil.

Karena ciri khasnya yang terus bergerak dan dapat mencapai ukuran besar maka sebaiknya dipelihara dalam akuarium besar. Kalau akuariumnya terlalu kecil kasihan ikan ini karena gerakan tubuhnya akan terganggu juga dapat membuat pertumbuhannya tidak maksimal.

Sebaiknya akuarium untuk memelihara ikan ini diberi tutup yang berat. Mengapa demikian, karena si ikan yang mirip naga ini kadang suka melompat kalau kaget dengan kedatangan orang atau karena suara yang keras. Coba bayangkan kalau akuariumnya tidak diberi tutup maka si ikan kesayangan akan melompat keluar akuarium dan dapat mati kekkeringan.

arwana silver brazil
Arwana silver brazil

Beri makan makanan yang bervariasi. Ikan ini biasa diberi makan dengan hewan-hewan kecil semacam jangkrik atau ulat hongkong. Saran saya berilah makan yang bervariasi jangan hanya satu jenis pakan saja. Sekali waktu berilah jangkrik, kemudian beri ikan kecil, dan sesekali beri katak kecil. Variasi pemberian pakan ini agar si silver memperoleh nutrisi yang lengkap, karena satu jenis pakan biasanya kurang mineral-mineral tertentu yang dibutuhkan si ikan.

Sebaiknya ikan ini dipelihara sendirian atau bersama ikan lain yang ukurannya relatif sama. Ikan arwana kadang bisa sangat agresif terhadap ikan lain yang lebih kecil. Sebaiknya bila ingin dipelihara dengan ikan lain, pilih ikan yang ukurannya tidak jauh berbeda. Ikan-ikan yang dapat dipeliara dengan arwana antara lain oscar, lou han, parrot, dan catfish.

Jangan lupa mengganti air akuarium secara berkala agar si arsi (arwana silver) teteap sehat. Air yang lama tidak diganti kadang mengandung nitrat yang terlalu tinggi yang dapat meracuni ikan dan membuatnya gampang terserang penyakit.

Oh iya, ikan arwana silver brazil merupakan satu-satunya arwana yang tidak dilindungi undang-undang sehingga kita bebas memeliharanya tanpa takut melanggar undang-undang. Selamat memelihara si cantik arsi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Merawat Ikan Arwana Silver Brazil"

Post a Comment