Alternatif Pakan Untuk Larva Ikan Mas

Ikan mas (Cyprinus carpio) adalah ikan konsumsi yang dapat mencapai ukuran sangat besar. Ikan ini memiliki sisik-sisik yang besar dan sepasang barbel di samping mulutnya yang digunakan sebagai organ sensori. Mengapa ikan ini disebut ikan mas? Padahal ada juga yang berwarna hitam dan keputihan. Adalah karena ikan ini terkenal dengan jenis-jenis yang berwarna kuning keemasan. Dan harga ikan yang berwarna keemasan dengan yang hitam juga berbeda, lebih mahal yang berwarna keemasan. Namun perbedaan ini hanya ada pada ikan mas yang telah remaja, sebelum itu harganya masih sama.

ikan mas
Ikan mas berukuran jumbo

Ikan mas betina dapat mulai dipijahkan saat mencapai ukuran berat 1 kg, sedangkan yang jantan dapat dipijahkan saat mencapai 0.5 kg. Semakin besar ukuran induk tentu akan menghasilkan semakin banyak anakan. Bisa puluhan ribu hingga ratusan ribu anakan yang dihasilkan dalam sekali pemijahan. Masalah yang muncul saat memijahkan ikan mas adalah pakan yang diberikan pada larva-larva yang baru menetas.

Larva ikan mas yang baru menetas memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil sehingga belum bisa diberi makan pelet. Berikut adalah beberapa makanan larva yang dapat diberikan pada larva ikan mas.

Daphnia
Daphnia adalah crustacea berukuran kecil yang hidup di air tawar. Karena ukurannya yang kecil hewan ini dapat langsung dimakan oleh larva ikan mas yang baru menetas.

Artemia
Artemia juga merupakan crustacea kecil seperti daphnia. Artemia lebih banyak digunakan untuk pakan larva mas karena telah banyak dijual sebagai pakan ikan. Ukuran artemia relatif lebih kecil dari jenis Daphnia magna.

Telur rebus
Telur rebus merupakan alternatif pakan yang sangat mudah karena gampang diperoleh. Satu telur dapat untuk memberi makan satu hari bahkan lebih. Yang harus dilakkan adalah memblender telur rebus yang telah dicampur air hingga halus. Seteleh itu dapat lansung ditebarkan di kolam larva ikan mas.

Tepung ikan
Tepung ikan memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga dapat dimakan oleh larva. Namun harganya cukup mahal sehingga kurang begitu efektif dilihat dari sisi ekonomi.

Cacing sutra
Ikan mas adalah hewan omnivora, mereka akan memakan apapun yang diberikan termasuk cacing sutra. Cacing ini dapat dicari di aliran air yang tercemar oleh sampah dapur.

Larva ikan mas juga akan memakan lumut-lumut yang tumbuh di sekitar kolam sehingga akan semakin cepat besar. Setelah menetas, larva belum mulai makan karena masih memiliki cadangan makanan di perutnya. Setelah sekitar 2 hari cadangan makanan itu akan habis dan bisa mulai diberi makan. Sumber makanan hewani mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan sumber makanan dari tumbuhan, larva akan lebih cepat besar bila diberi pakan yang bersumber dari hewan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alternatif Pakan Untuk Larva Ikan Mas"

Post a Comment