Mengobati Penyakit Mata Putih Pada Ikan

Mata putih atau cloudy eye merupakan penyakit yang cukup umum menyerang ikan-ikan yang dipelihara dalam akuarium. Dari pengalaman saya selama lebih dari 10 tahun di dunia akuaria, hampir semua jenis ikan rentan terhadap serangan penyakit mata putih ini. Saya punya beberapa akuarium di rumah dan telah memelihara banyak jenis ikan sejak masih di bangku SMP dulu.

Penyakit mata putih akan membuat bagian kornea mata ikan yang tadinya berwarna bening berubah menjadi putih sedikit demi sedikit. Gejala ini akan membuat pandangan ikan terganggu dan bila tidak ditangani sapat menyebabkan kebutaan pada ikan peliharaan. Kadang penyakit ini menyerang kedua mata ikan, namun kadang hanya menyerang sebelah matanya saja.

penyakit mata putih
Penyakit mata putih dapat membuat ikan menjadi buta

Penyebab penyakit mata putih

Penyakit ini mungkin sekilas nampak seperti katarak yang muncul pada mata manusia. Namun sebenarnya mata putih pada ikan disebabkan oleh infeksi mikroorganisme pada kornea mata. Mikroorganisme tersebut akan membuat kornea yang tadinya bening menjadi berwarna putih karena timbunan dari jutaan mikroorganisme yang telah berkembang biak.

Mikroorganisme penginfeksi ini dapat muncul karena kualitas air yang buruk. Biasanya penyakit mata putih menjadi pertanda rendahnya kualitas air yang ditandai keasaman yang tinggi akibat timbunan kotoran ikan. Frekuensi penggantian air yang terlalu lama merupakan penyebab utama munculnya penyakit ini. Selain itu, media filter yang telah "terlalu" kotor juga menjadi salah satu penyebabnya.

Cara mengobati penyakit mata putih

Seperti penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme lainnya, mata putih dapat disembuhkan dengan memberikan antibiotik pada akuarium. Antibiotik seperti tetrasiklin dapat didapatkan dengan mudah di apotik dan toko obat lain. Namun yang lebih umum dan mudah digunakan adalah methylene blue yang tersedia hampir di semua toko akuarium. Obat ini populer dengan sebutan "obat biru" dan dijual dengan harga murah. Hampir semua penghobi ikan hias pasti pernah menggunakan obat ini karena merupakan obat standar yang dapat mengobati berbagai macam penakit pada ikan seperti white spot, jamur, dan infeksi lain.

Sebelum memberikan obat ini pada akuarium, akan lebih baik apabila air akuarium diganti setengah bagian terlebih dahulu. Setelah kualitas air menjadi lebih baik, berikan obat biru tersebut dengan dosis secukupnya. Biasanya di bagian labelnya terdapat aturan penggunaan obat tersebut, jadi anda tidak akan bingung menggunakannya.

Yang penting diperhatikan adalah jangan memberikan obat ini dengan dosis yang melabihi aturan. Obat ini dalam konsentrasi yang tinggi dapat membuat ikan peliharaan kita mati karena keracunan. Apalagi bila ikan tersebut selama hidupnya tidak pernah merasakan obat biru sebelumnya, maka resiko keracunan menjadi lebih tinggi lagi.

Jadi kesimpulannya adalah, kualitas air akuarium sangat menentukan kesehatan ikan peliharaan kita. Jadi apabila anda memelihara ikan dalam akuarium sebaiknya rajin-rajinlah mengontrol kebersihan air agar ikan dapat hidup dengan sehat. Kebersihan air dapat dijaga dengan mengganti air dan mengganti media filter yang telah kotor.

Sekian..

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Mengobati Penyakit Mata Putih Pada Ikan"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete