Makanan Tambahan yang Bagus Untuk Lobster

Lobster air tawar banyak jenisnya, ada yang warna merah, putih, biru, hitam dan lain-lain. Mereka nampak indah bila dipelihara dalam akuarium yang ukurannya sedang sampai besar. Hewan ini punya capit yang besar dan nampak sangar saat mencari makan dalam akuarium.

Lobster adalah hewan yang berjalan di dasar akuarium, dia tidak bisa berenang bebas seperti ikan. Tapi dalam keadaan terdesak mereka bisa meluncur dengan mengibaskan ekornya yang bentuknya seperti kipas.

lobster putih
Lobster putih

Loster akan berjalan-jalan di dasar akuarium untuk mencari makanan yang jatuh ke bawah. Oleh karena itu sebaiknya ketika memberi makan lobster pilihlah makanan yang langsung jatuh ke dasar. 

Makanan utama lobster bisa menggunakan pelet yang tenggelam. Pelet jenis ini bisa langsung tenggelam ketika ditaburkan jadi bisa langsung mereka makan. Sebaiknya jangan diberi makan pelet apung karena lobster akan kesulitan menjangkau pelet yang ada di permukaan air.

Tapi lobster juga perlu diberi makanan tambahan atau selingan, jangan diberi makan pelet terus. Makanan tambahan yang diberikan bisa berupa sayur atau buah. Namun begitu tidak semua sayur dan buah bagus untuk makanan lobster.

Syarat utama sayur dan buah yang bisa diberikan adalah yang bisa langsung tenggelam ketika ditaruh dalam akuarium. Sebaiknya tidak memberi lobster daun-daun segar karena biasanya akan mengambang di permukaan air. Daun ini baru akan tenggelam kalau sudah direbus dulu atau kalau diberi pemberat, tapi kalau kita mau memberi makan tapi harus merebus dulu atau memberi pemberat kan repot dan menyusahkan. Jadi memberikan makanan tambahan berupa daun segar kurang efektif untuk lobster.

Yang paling mudah dan simpel adalah memberi makan dengan umbi-umbian atau buah yang diiris tipis. Umbi dan buah yang diiris tipis bisa langsung tenggelam ketika dijatuhkan ke dalam air, jadi bisa langsung dimakan lobster. 

lobster makan wortel
Lobster biru makan wortel

Beberapa jenis makanan tambahan yang bagus untuk lobster adalah : wortel, kentang, timun, ubi, labu, dan lobak. Tapi pertama harus diiris tipis dulu baru diberikan pada lobster. Karena kalau tidak diiris nanti mereka akan susah memakannya, tapi kalau sudah di iris lobster dapat memakannya dengan mudah dan cepat habis.

Makanan tambahan yang segar banyak mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk pertumbuhan lobster. Lobster butuh banyak protein dan kalsium karena mereka perlu untuk membentuk kulitnya yang keras. Kulit keras ini akan terkelupas atau moulting saat lobster akan tumbuh besar jadi mereka butuh banyak asupan gizi yang baik untuk membentuk kulit baru.

Kalau saya biasanya memberi makanan utama berupa pelet tenggelam dengen merk Agaru. Dan sesekali saya beri makan dengan irisan wortel atau timun yang mudah diperoleh. Kalau pas ada labu ya saya beri labu, kalau pas ada ubi ya saya beri ubi. Alhasil lobster saya bisa tumbuh dengan baik dan berkembangbiak sangat banyak. Malah sekarang banyak yang saya taruh di kolam karena banyak sekali anak-anaknya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Tambahan yang Bagus Untuk Lobster"

Post a Comment