Makanan Yang Bagus Untuk Ikan Blackghost

Blackghost adalah jenis ikan yang bisa menarik perhatian orang yang melihatnya. Bagimana tidak, ikan ini memiliki bentuk tubuh mirip bulu ayam dengan gaya renang yang unik seperti umbul-umbul.

Dulu waktu pertama beli akuarium, saya melihat ikan ini di toko akuarium dan dalam sekejap langsung jatuh cinta. Langsung saja tanpa basa-basi saya beli beberapa ekor blackghost.

Sampai rumah langsung saya isi akuariumnya, saya pasang filternya dan saya masukkan blackghostnya. Awalnya enak dipandang mata, namun semua sirna setelah beberapa hari, ikan ikan itu mati semua.

Blackghost itu hanya bertahan selama beberapa hari saja. Mereka tidak mau makan dan akhirnya mati tidak bersisa. Setelah saya pikir-pikir ini terjadi karena saya belum punya pengalaman memelihara ikan blackghost. Mereka termasuk jenis ikan yang agak sulit dirawat dan tidak disarankan dipelihara oleh pemula. 

ikan blackghost
Ikan blackghost memiliki sirip seperti umbul-umbul


Sekarang saya juga memelihara ikan blackghost namun semua ikannya sehat dan makannya lahap. Mereka juga tumbuh dengan baik dan ukurannya sudah cukup besar. 

Belajar dari pengalaman, agar ikan ini dapat bertahan hidup dengan baik, mereka harus diberi makanan yang tepat. Ketika dipelihara dalam akuarium mereka kadang suka makan pelet kadang juga tidak suka.

Jenis makanan yang bagus untuk blackghost agar mereka bertahan hidup antara lain.

Cacing sutra

Blackghost adalah ikan karnivora, mereka di alam akan berburu hewan kecil dengan pancaran gelombang listrik yang dikeluarkannya. Jadi memberi mereka makan cacing sutra adalah pilihan tepat karena mereka dengan mudah dapat memakan cacing kecil ini.

Jentik nyamuk

Bila di sekitar rumah ada jentik nyamuk, bisa juga diberikan pada ikan blackghost. Jentik nyamuk ukurannya cukup besar jadi bisa dengan mudah ditangkap blackghost. Tidak seperti kutu air yang ukurannya kecil dan sulit ditangkap.

Cacing kering

Bila teman-teman sulit memperoleh cacing sutra atau jentik nyamuk mungkin bisa mencoba memberi makan dengan cacing kering. Cacing ini mudah diperoleh di toko akuarium dan dapat disimpan dalam waktu lama. Blackghost sangat menyukai cacing kering dan cukup bagus untuk pertumbuhan karena kadar proteinnya yang tinggi.

Pelet cupang

Blackghost memiliki mulut yang kecil dan mereka memakan makanan dengan menghisap benda di depannya. Kadang orang orang memberi makan blackghost dengan pelet ukuran standar yang sulit dimakan blackghost karen ukurannya terlalu besar. Ikan ini akan kesulitan memakan pelet yang besar dan seringnya hanya dibuat mainan saja. Namun bila kita memberi mereka makan dengan pelet cupang yang ukurannya kecil, mereka dengan mudah dapat memakannya.

Namun kadang kadang ikan blackghoat tidak suka makan pelet kecil karena belum terbiasa. Mereka bisa dilatih makan pelet dengan cara berikut ini :

Melatih Blackghost Makan Pelet

Kalau saya sendiri suka mengkombinasikan berbagai jenis makanan agar ikan sehat. Kadang saya beri cacing, kadang saya beri jentik, dan kadang saya beri pelet. Dengan memakan makanan yang bervariasi tentu ikan akan lebih sehat.

Seperti halnya manusia, kita juga akan bosan dan kurang gizi kalau hanya makan satu jenis makanan saja. Jadi akan lebih baik kalau blackghost sesekali diberi makanan yang berbeda. 

Kalau saya saat ini memberi makan blackghost dengan pelet kecil untuk makanan pokoknya. Namun seminggu sekali saya beri makanan hidup seperti cacing sutra atau jentik nyamuk. Kadang juga saya beri cacing kering agar lengkap.

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk " Makanan Yang Bagus Untuk Ikan Blackghost"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete