Kulit Pisang Untuk Makanan Tambahan Udang Hias

Udang hias mini sering dipelihara dalam akuarium sebagai pembersih alga yang rajin. Udang ini berukuran kecil dan warnanya macam-macam, ada yang merah, kuning, hijau, biru, hitam dan masih banyak lagi.

Red cherry shrimp
Red cherry shrimp salah satu udang hias mini yang populer


Udang ini nampak sangat indah dipelihara dalam akuarium terutama dalam aquascape. Namun saat sedang sayang-sayangnya sama si udang kadang ada saja masalah yang muncul, seperti udang yang tiba-tiba mati.

Salah satu penyebab udang mati adalah karena kurangnya keseimbangan nutrisi yang dimakan udang. Salah satu solusinya adalah memberikan makanan tambahan yang bervariasi untuk udang.

Udang di aquascape biasanya hanya makan alga atau pelet saja. Makanan yang monoton tentu kurang bagus untuk jangka panjang. Bahkan manusia pun bisa sakit bila hanya makan satu atau dua jenis makanan secara terus-menerus. 

Udang sebaiknya diberi makanan tambahan dengan interval seminggu sekali. Makanan tambahan untuk udang sangat mudah diperoleh di sekitar kita karena sifat udang yang mau makan apa saja.

Makanan tambahan berupa sayur dan buah dapat diberikan seminggu sekali untuk mencukupi kebutuhan gizi udang. Udang dapat diberi makanan apapun yang penting memiliki tekstur lunak. 

Salah satu sampah rumah tangga yang bisa menjadi makanan yang sehat untuk udang adalah kulit pisang.

Kandungan unsur gizi kulit pisang cukup lengkap, seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C dan air. Unsur-unsur gizi inilah yang dapat digunakan sebagai sumber energi dan antibodi bagi tubuh (Munadjim, 1988).

Kandungan gizi ini akan membuat udang lebih sehat dan tidak gampang mati.

Langkah-langkah memberikan kulit pisang pada udang adalah sebagai berikut.

  • Potong kulit pisang menjadi bentuk persegi panjang, sekitar 4 x 5 cm atau sesuai kebutuhan.
  • Taruh di dasar akuarium udang, dengan bagian lunak berada di permukaan atas.
  • Biarkan udang makan selama 24 jam.
  • Buang sisa-sisa kulit pisang setelah 24 jam agar tidak membusuk di akuarium.

Dengan memberikan makanan yang bervariasi pada udang, mereka akan hidup dengan lebih baik. Mereka juga akan berkembangbiak di akuarium dengan cukup cepat.

Selamat mencoba.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kulit Pisang Untuk Makanan Tambahan Udang Hias"

Post a Comment