Membedakan Ikan Platy dan Ikan Molly

Ikan platy dan molly sekilas nampak mirip, sama-sama seperti ikan citul hehe. Memang mereka mirip karena masih berkerabat dekat, masih dalam sau famili yang sama yaitu Poeciliidae. Anggota famili ini antara lain si platy, molly, guppy, dan swordtail.

Ikan ini memiliki ciri tubuh yang mirip, sifatnya juga mirip, sekilas tidak ada perbedaan sama sekali.
Tapi kalau teman-teman semua jeli, kalian akan menemukan perbedaan mendasar antara platy dengan molly yaitu pada bagian sirip punggung dn sirip ekor.

Ikan molly umumnya memiliki sirip punggung atau sirip ekor yang lebih panjang dan menarik, terutama pada ikan jantan.

Kalau ikan platy umumnya sirip pungung dan ekornya biasa saja dan tidak panjang. Tapi kalau si molly sirip punggung atau sirip ekornya berukuran lebih panjang dan lebih indah.

Contoh pada gambar di bawah ini adalah molly lyretail yang memiliki sirip mirip bulan sabit, sangat indah bukan.

black gold lyretail molly
Molly jenis black gold lyretail

Sedangkan pada gambar di bawah ini adalah molly dengan sirip punggung yang berjumbai.

molly jantan dengan sirip punggung
Molly jantan dengan sirip punggung yang berjumbai, sedangkan yang betina tidak

Sedangkan di bawah ini adalah ikan platy dengan sirip punggung dan sirip ekor yang biasa saja.

mickey mouse platy
Ikan platy jenis red mickey mouse dengan sirip punggung dan ekor biasa saja

Tapi selain dari penampilan fisik tadi saya mengamati sendiri di akuarium, ternyata anakan ikan molly lebih berani dibandingkan anakan ikan platy.

Pernah suatu ketika saya punya aquascape yang saya isi platy tricolor mickey mouse dan molly black gold lyretail. Setelah saya pelihara hampir 2 bulan, keduanya sama-sama beranak di akuarium itu. Nah si anak platy nampak malu-malu dan seringnya bersembunyi di bebatuan dan di antara tanaman-tanaman air. Sedangkan si anak molly tampak sangat berani berenang di permukaan akuarium, berenang berkelompok dengan sesama anak molly.

Dan kalau saya perhatikan, ikan molly nampak lebih kokoh tubuhnya dibandingkan si platy. Tubuhny nampak lebih berotot.

Kedua jenis ikan ini sama-sama memiliki variasi warna yang banyak dan sangat menarik bila dipelihara ramai-ramai dalam akuarium. Saya suka memelihara dalam akuarium aquascape karena mereka ini doyan makan alga yang tumbuh di batu atau tanaman air.

Baca juga : Kamu Harus Pelihara Molly di Akuarium !

Keduanya juga sama-sama agak rentan sakit bila kondisi air buruk. Bila air akuarium jarang diganti dan kualitasnya telah menurun, platy dan molly akan terserang penyakit yang membuat siripnya nampak ditumbuhi semacam jamur berwarna putih yang setelah beberapa hari akan berujung pada kematian.

Oke itulah sekelumit cerita saya tentang membedakan platy dan molly, ini merupakan hasil pengamatan saya sendiri hehe. Bila ada pertanyaan atau ada yang protes beda pendapat silahkan teman-teman tulis di kolom komentar yah, hampir pasti saya balas deh. Oh iya saya punya channel you tube juga tentang hobi ikan-ikan hias...silahkan kunjungi channel saya disini bro http://www.youtube.com/c/edubioinfo 

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Membedakan Ikan Platy dan Ikan Molly"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete