Daphnia Magna Alternatif Pakan Larva Ikan

Larva ikan adalah ikan-ikan kecil yang baru menetas dari telur sehingga berukuran sangat kecil. Karena ukurannya yang sangat kecil, peternak pemula biasanya bingung tentang makanan yang harus diberikan pada larva tersebut. Umumnya peternak ikan lele, mas, bawal, dan nila memberikan cacing rambut sebagai pakan larva tersebut. Namun kadang cacing rambut susah diperoleh di alam dan apabila membeli harganya agak mahal. Untuk menyikapi sulitnya menyediakan cacing bagi larva, peternak bisa beralih pada jenis pakan yang lain seperti Daphnia magna.

daphnia magna

Daphnia magna adalah jenis crustacea (udang-udangan) berukuran kecil, 2 hingga 5 mm. Karena ukurannya yang kecil, daphnia sangat cocok untuk mulut larva yang masih sangat kecil.

Daphnia merupakan hewan penghuni perairan air tawar yang banyak ditumbuhi alga (air hijau). Penggunaan daphnia sebagai alternatif pakan sangat baik bagi pertumbuhan ikan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Seperti jenis udang-udangan yang lain, selain kaya protein mereka juga kaya beta-karoten dan rendah lemak.

Daphnia mudah sekali diternakkan sehingga dapat menjamin jumlahnya untuk pakan ikan. Daphnia memakan alga-alga, bakteri, dan protozoa yang ada di air sekelilingnya. Dengan menaruh beberapa daphnia pada sekotak air berwarna hijau, dalam beberapa hari mereka akan bertelur dan jumlahnya dapat berlipat ganda dengan cepat. Lebih lengkap tentang peternakan Daphnia magna dapat dilihat pada artikel Budidaya Daphnia Magna itu Mudah.

Pemberian daphnia dapat diberikan hingga ikan tumbuh cukup besar untuk memakan pelet buatan. Setelah ikan mampu memakan pelet, pemberian daphnia masih bisa diberikan sebagai nutrisi tambahan dan menambah kadar protein dalam makanan. Penambahan Daphnia sebagai sampingan pelet buatan mampu menghasilkan pertumbuhan yang lebih baik pada berbegai jenis ikan.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Daphnia Magna Alternatif Pakan Larva Ikan"

  1. Kebetulan saya jual kutu air daphnia magna, sebagai pakan alternatif hidup untuk larva atau benih ikan lele, dengan kandungan protein lebih dari 40%. Bukan kutu air biasa yang ada di empang atau genangan air pada umumnya.
    Media kultur tidak sembarangan, air bersih + probiotik lactobacillus dan nitrobacter, untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri patogen.

    Silahkan Order disini:
    https://www.tokopedia.com/wshoptrusted/kutu-air-daphnia-magna-untuk-pakan-ikan-200-250-ekor

    Transaksi dijamin 100% aman.
    Transfer melalui pihak ketiga/rekber (Rek.PT.TOKOPEDIA).

    Terimakasih

    ReplyDelete