Kenapa Blackghost Suka Sembunyi ?! Ini Cara Mengatasinya

Banyak pertanyaan yang masuk di akun youtube saya bertanya tentang ikan blackghost. Rata-rata bertanya kenapa ikan blackghostnya jarang bergerak dan suka sembunyi di lubang atau di bawah tanaman. 

Padahal ikan ini punya sirip yang sangat indah, melambai lambai seperti umbul-umbul. Tapi kalau ikannya malah suka sembunyi ya jadi tidak berguna keindahan siripnya itu.

Blackghost suka sembunyi
Blackghost suka sembunyi saat lampu menyala

Blackghost yang suka sembunyi sebenarnya memang berkaitan dengan sifat alaminya di alam. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan dan banyak hidup di sungai Parana dan sungai Paraguay. Aslinya blackghost adalah hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari. Saat siang dia akan sembunyi dan tidak banyak bergerak, baru ketika malam tiba dia akan aktif bergerak dan mencari makan.

Sifat alami ini juga terbawa pada blackghost yang kita pelihara dalam akuarium. Jadi umumnya dia akan pasif atau sembunyi saat lampu akuarium hidup dan akan mulai bergerak saat lampu akuarium dimatikan. 

Blackghost punya pandangan yang buruk, mereka bergerak dan mencari mangsa dengan mengandalkan tegangan listrik kecil yang dikeluarkan dari tubuh. Mirip-mirip seperti belut listrik cuma tegangannya sangat kecil.

Sifat blackghost yang baru aktif ketika lampu dimatikan bisa sedikit diubah dengan kebiasaan memberi makan. Jadi kita perlu membiasakan ikan blackghost diberi makan saat lampu masih menyala dan tidak memberi makan saat lampu dimatikan.

Makanan yang diberikan sebaiknya memiliki aroma yang agak tajam agar blackghost lebih mudah menemukannya. Karena ikan ini mendeteksi makanan dengan tegangan listrik dan dari aroma makanannya.

Makanan yang mudah diberikan untuk blackghost adalah cacing kering dan pelet apung ukuran kecil. Sebenarnya akan lebih baik kalau diberi makanan segar seperti cacing darah atau cacing sutra, tapi kadang untuk menyiapkan makanan itu sangat sulit dan repot. Jadi yang paling mudah ya cacing kering dan pelet. Tapi sebaiknya pemberian pakan tidak hanya satu jenis saja karema kurang baik untuk kesehatan ikan. Pemberian makan pelet dan diselingi cacing kering atau sebaliknya sudah sangat baik untuk kesehatan ikan.

Jadi kesimpulannya adalah:

Blackghost suka sembunyi karena ikan ini sifatnya memang aktif di malam hari atau saat lampu dimatikan. Untuk melatih blackghost aktif di siang hari atau saat lampu menyala kita harus terbiasa memberi makan saat lampu hidup dengan makanan yang aromanya cukup tajam.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenapa Blackghost Suka Sembunyi ?! Ini Cara Mengatasinya"

Post a Comment