Macam-Macam Makanan Ikan Discus

Ikan discus memeiliki bentuk unik dan warna yang indah sehingga banyak disukai orang termasuk saya.

Waktu pertama kali memelihara discus dulu, kalau tidak salah waktu SMP, saya dengan pede-nya memberi makan ikan itu dengan pelet apung. Alhasil discus itu tidak mau makan dan setelah beberapa hari mati.

Dari pengalaman itu akhirnya saya mencari informasi makanan-makaan discus dan akhirnya nemu kalau discus ternyata adalah ikan karnivora atau hewan pemakan daging.

Yah begitulah...discus di alam lebih banyak memakan daging, dia akan memakan serangga air, cacing, udang, atau hewan lainnya yang mudah ditangkap.

discus memakan cacing kering
Ikan discus memakan cacing kering

Oke langsung saja, sekarang saya akan berbagi informasi tentang macam-macam makanan discus yang bisa diberikan.

1# Cacing darah

Cacing darah merupakan cacing hidup yang kadang dijual di toko akuarium sebagai makanan ikan. Cacing ini tidak hanya untuk discus namun juga kadang juga untuk pakan ikan-ikan lain seperti lou han, parrot, dan blackghost.

Cacing darah sangat baik karena kandungan proteinnya tinggi, namun kita harus hati-hati ketika memberi discus dengan jenis pakan ini. Seringkali cacing darah hidup di air yang tidak bersih jadi bisa membawa bibit penyakit. Cacing yang hidup di air kotor ini bisa menyebabkan sakit pada ikan, biasanya masalah pencernaan, kalau pada lou han menyebabkan penyakit berak putih.

Ketika memberi cacing pada discus, pilihlah cacing yang bersumber dari peternakan cacing bukan cacing yang dikumpulkan dari sungai-sungai. Karena cacing yang berasal dari peternakan biasanya lebih bersih.

2# Hati sapi

Jenis pakan ini sangat populer bagi penghobi ikan lou han, namun juga bisa diberikan pada ikan discus. Sebelum diberikan pada discus, sebaiknya hati tersebut dihaluskan dulu atau dicincang kemudian dibuat gumpalan dan diberikan pada ikan. Kalau sudah dicincang akan memudahkan discus memakan karena tidak kesulitan menggigit dulu.

Hati sapi mengandung banyak vitamin A yang penting dalam pembentukan warna ikan. Bila sering diberi hati sapi, warna discus akan menjadi semakin cemerlang. Namun jenis pakan ini harganya agak mahal hehe...dan membelinya harus di pasar atau supermarket.

3# Cacing kering

Jenis pakan ini merupakan yang paling simpel menurut saya. Karena kita bisa membelinya dengan mudah di toko akuarium dan harganya juga murah. Cacing kering biasanya ada dalam bentuk gumpalan-gumpalan dalam bentuk kotak kecil yang siap diberikan pada ikan.

Karena buatan pabrik, hampir pasti cacing kering terjaga kebersihannya. Kandungan protein yang tinggi dalam cacing akan membuat ikan discus kecil semakin cepat besar.

4# Kutu air

Untuk pakan ini, khusus diberikan pada larva discus yang baru menetas. Larva discus berukuran kecil jadi belum bisa diberi makan yang ukurannya besar. Kutu air memiliki ukuran yang sangat kecil jadi cocok diberikan pada ikan discus.

Kutu air merupakan jenis arthropoda, jadi juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Makanan ini memiliki kandungan gizi mirip udang.

Nah itulah macam-macam makanan discus yang saya sarankan, apabila teman-teman punya pengalaman lain silahkan tulis di kolam komentar untuk berbagi informasi.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Macam-Macam Makanan Ikan Discus"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete