Mengatasi Overpopulasi Siput di Akuarium Aquascape

Para aquascaper tentu sangat akrab dengan siput karena digunakan sebagai pengendali lumut di akuariumnya. Siput ini cukup efektif memakan lumut-lumut atau alga hijau yang tumbh di tanaman air dan batuan dalam akuarium. Siput yang umum digunakan adalah jenis siput kali yang ukurannya kecil hanya 1 hingga 2 cm panjangnya. Sayang disayang ada satu kekurangan ketika menggunakan siput sebagai pengendali lumut.

Kekurangannya Cuma 1 : siput ini mudah sekali berkembang biak dan jumlahnya berlipat ganda hanya dalam waktu singkat.

siput dalam akuarium
Overpopulasi siput dalam akuarium

Siput merupakan hewan yang unik karena mereka memiliki 2 alat kelamin dalam tubuhnya yang biasa disebut dengan istilah hermaprodit atau kelamin ganda. Jadi walau di akuarium hanya dipelihara seekor siput saja, nanti dia dapat bertelur dan menghasilkan banyak sekali anakan.
Siput yang sudah terlalu banyak akan sangat mengganggu keindahan aquascape. Selain itu siput-siput ini kadang akan memakan tanaman-tanaman yang berdaun lunak dan tipis.

Ada 2 cara untuk mengatasi overpopulasi siput dalam akuarium, yang pertama dengan mengambilnya secara rutin untuk mengontrol jumlahnya dan yang kedua dengan memelihara ikan pemakan siput.

Cara #1

Cara yang paling gampang adalah dengan mengambil menggunakan tangan atau jaring kecil (seser) apabila jumlah siput sudah terlalu banyak. Dapat juga dengan menggunakan pancingan berupa sayuran yang ditaruh dalam akuarium. Yang paling mudah adalah dengan meletakkan potongan timun segar ke dalam akuarium. Potongan timun yang tipis akan megambang di permukaan air dan menarik perhatian siput, setelah beberapa saat siput-siput akan mengejar timun tersebut dan memakannya. Siput-siput akan berkumpul memakan timun ramai-ramai di permukaan air. Setelah itu tinggal angkat potongan timun beserta siput-siputnya dan dibuang.

ikan pemakan siput
Ikan buntal pemakan siput

Cara #2

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan ikan pemangsa siput. Beberapa ikan terbukti akan memangsa siput yang berukuran kecil. Di dunia akuarium dikenal adanya ikan buntal kerdil atau dwarf pufferfish. Ikan ini kadang dijual di toko akuarium dengan harga murah. Karena ukurannya yang kecil ikan ini cocok dipelihara dalam akuarium berisi tanaman. Buntal diberkahi dengan gigi yang tajam seperti paruh burung kakatua yang dapat memecahkan cangkang siput. Memelihara ikan ini terbukti dapat menjaga akuarium dariover populasi siput. Namun sayangnya ikan ini juga akan memakan udang peliharaan kita. Jadi sangat tidak disarankan menggunakan ikan buntal dalam akuarium aquascape yang di dalamnya ada udangnya.

Sekian.....

Baca juga Ikan Pemakan Alga Paling Baik untuk Aquascape

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi Overpopulasi Siput di Akuarium Aquascape"

Post a Comment