Mengatasi Masalah Hydra di Akuarium Aquascape

Para aquascaper yang telah lama menekuni hobi aquascape hampir pasti pernah menemui masalah hydra di aquarium. Tiba-tiba muncul hewan hydra di akuarium yang semakin lama semakin banyak dan mengganggu keindahan aquarium. Benih hydra bisa saja terbawa oleh tanaman air maupun hewan semacam siput yang diambil dari sungai atau kolam.

Hydra merupakan hewan kecil berukuran hanya beberapa milimeter dan kadang sulit dilihat dengan mata telanjang. Bentuknya mirip seperti tangkai yang di puncaknya terdapat tentakel yang menjulur mirip rambut. Hydra masuk dalam kelompok hewan cnidaria karena memiliki sengat yang terdapat pada tentakelnya.

hydra di akuarium
Hydra di kaca akuarium

Hydra yang umum ditemukan dalam akuarium aquascape merupakan jenis Hydra viridissima, dicirikan oleh warnanya yang hijau. Hydra jenis ini bersimbiosis dengan alga hijau yang hidup di jaringan tubuhnya sehingga dapat hidup asal ada sinar matahari dan mineral anorganik. Dalam waktu singkat seekor hydra dapat bertunas dan memperbanyak diri dengan cepat hingga membuat akuarium dipenuhi olehnya.

Bagaimana cara mengatasi populasi hydra di akuarium?

Karena mengambil secara manual sangat sulit dilakukan, yang paling mudah dilakukan adalah dengan memelihara hewan pemakan hydra. Dengan memelihara predator hydra, maka populasinya di akuarium bisa berkurang, paling tidak bisa terkendali walaupun tidak menghabiskannya.

ikan sepat
Salah satu jenis sepat pemakan hydra

Hewan-hewan apa saja yang dikenal memakan hydra?

Aquascaper mengenal dua penghuni akuarium yang dikenal gemar memakan hydra, yaitu gurami kerdil/ sepat dan siput. Kedua hewan ini akan memakan hydra sedikit demi sedikit.

Saya pribadi lebih menyukai si gurami kerdil/ sepat karena menurut saya lebih efektif dalam mengendalikan hydra. Pernah saya coba menggunakan siput malah yang terjadi si siput bertelur sangat banyak hingga terjadi overpopuasi siput yang justru menjadi masalah baru. Selain itu siput kadang suka memakan tanaman akuarium, terutama tanaman yang berdaun tipis semacam javan moss.

Jadi kalau boleh saya simpulkan, apabila anda suka aquascape dan menemui masalah dengan hydra ini...belilah ikan gurami kerdil/ sepat di toko akuarium. Ikan ini tidak akan berukuran besar jadi sangat cocok dipelihara dalam akuarium berisi tanaman. Ikan ini harganya juga murah hanya beberapa ribu rupiah saja.

Baca juga Mengatasi Overpopulasi Siput di Aquarium Aquascape

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mengatasi Masalah Hydra di Akuarium Aquascape"

  1. terimakasih atas infonya, dan jangn lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    ReplyDelete
  2. makasih artikelnya sangat bermanfaat sekali. ditunggu artikel menarik lainnya ya. Sukses selalu. kunjungi juga website kami http://bagusaquaticfarm.com/

    ReplyDelete