Cara Mengobati Ikan yang Terserang Kutu Jarum

Kutu jarum atau kutu jangkar merupakan parasit berukuran besar yang kadang nampak menyerang ikan hias peliharaan kita. Parasit ini disebut kutu jarum karena bentuk tubuhnya memang mirip dengan jarum yang menempel pada ikan. Juga disebut kutu jangkar karena parasit ini menggunakan semacam kait mirip jangkar di kepalanya untuk menempel di tubuh ikan.

Beberapa waktu yang lalu, saya membeli beberapa ekor ikan mas koki kecil di toko ikan. Setelah saya pelihara beberapa hari, nampak seekor koki menunjukkan tingkah laku yang aneh dan tidak biasa. Ikan satu ini suka menggesekkan tubuhnya di dinding akuarium dan di bebetuan dasar akuarium. Saya paham bahwa ada yang tidak bebres dengan ikan yang satu ini dan kemudian saya pisah dengan ikan-ikan lain.


kutu jarum
Kutu jarum yang menyerang tubuh ikan komet

Setelah saya perhatikan cukup lama, ternyata ada semacam benda mirip jarum yang menempel di dekat sirip punggung ikan. Benda tersebut berwarna coklat agak kelabu dan panjangnya sekitar 6 mm. Setelah saya lihat lebih dekat, ternyata benda mirip jarum yang menempel tersebut adalah seekor kutu jarum dewasa.

Kutu yang dalam bahasa inggris disebut dengan anchor worm ini sebenarnya merupakan krustacea yang menempel pada tubuh untuk menghisap darah dan memakan sebagian dari sel-sel ikan. Terdapat berbagai macam jenis kutu jarum, namun yang paling sering ditemukan adalah jenis Lernae cyprinacea. Jenis tersebut cukup umum ditemukan di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Cara menyembuhkan ikan yang diserang kutu jarum

Kutu jarum dewasa memiliki ukuran tubuh yang cukup besar sehingga nampak dengan mata telanjang. Sebenarnya untuk mengatasi serangan kutu jarum dewasa sangat mudah. Yang perlu dilakukan adalah mencabut kutu tersebut dari tubuh ikan. Kutu dapat dicabut langsung dengan jari tangan atau dengan bantuan pinset agar lebih mudah.

Namun dalam mencabut kutu tersebut harus hati-hati karena apabila bagian kepala tertinggal di dalam tubuh ikan, dapat menyebabkan infeksi sampingan. Jadi usahakan anda mencabut kutu tersebut hingga seluruh bagian kepala yang ada di dalam tubuh ikan. Bahasa sederhananya adalah mencabut sampai ke akar-akarnya.

mencabut kutu jarum
Mencabut kutu jarum dengan menggunakan pinset

Setelah kutu tersebut dicabut dari tubuh ikan, berikan antibiotik pada akuarium sehingga ikan terhindar dari infeksi. Antibiotik yang diberikan bisa tetrasiklin, amoksilin, atau yang lebih sederhana dan mudah di dapat seperti methylene blue yang banyak dijual di toko ikan. Bagian yang ditempeli kutu jarum umumnya akan melepuh dan berwarna keputihan, namun setelah perlakuan dengan antibiotik selama beberapa hari, bekas luka tersebut akan sembuh dan kembali normal.

Siklus hidup kutu jarum

Kutu jarum lebih umum menyerang ikan yang dipelihara dalam kolam dibandingkan ikan dalam akuarium. Namun kadang kutu ini terbawa masuk ke akuarium karena pakan yang diberikan ataupun karena ikan tersebut awalnya dipelihara dalam kolam.

Kutu jarum jantan dan betina akan kawin pada tubuh ikan, namun hanya kutu betina yang menjadi parasit. Sedangkan si jantan akan mati setelah kawin, tugasnya terbatas hingga mengawini betina saja.

siklus hidup kutu jarum
Siklus hidup kutu jarum

Setelah kawin, betina akan menghasilkan kumpulan telur di ujung tubuhnya yang bentuknya mirip huruf Y atau T. Telur-telur ini akan menetas menjadi larva yang hidup di insang ikan. Larva yang menempel pada insang dapat membuat kerusakan jaringan dan menghambat penyerapan oksigen oleh insang sehinga dapat menyebabkan kematian ikan.

Ketika beranjak dewasa, kutu ini akan mulai keluar insang dan menusuk tubuh ikan untuk menghisap darahnya. Pada ikan yang berukuran besar, serangan kutu jarum dewasa mungkin tidak terlalu berpengaruh, namun pada ikan yang berukuran kecil dapat menyebabkan kematian.

Postingan terkait:

13 Tanggapan untuk "Cara Mengobati Ikan yang Terserang Kutu Jarum"

  1. ane sering ngalamin ini gan. yang ane lakuin hanya nyabut saja. tetapi dalam beberapa hari kok malah mati..


    by DUNIA IKAN HIAS AIR TAWAR

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin gara-gara infeksi yang terjadi di bekas lukanya gan, kalau kutunya udah banyak kan banyak sisa-sisa luka yang bisa bikin infeksi

      Delete
  2. Cara Mengobati Ikan yang Terserang Kutu Jarum Asyk sekali berkunjung lama lama di https://tanikan.blogspot.co.id ini, banyak banget ilmunya....maksih ya mas panji tok.

    ReplyDelete
  3. Ikan arwana saya kena kutu jarum di bagian dalam mulut nya mas panji..itu bagaimana mengatasi nya?mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dengan meneteskan beberapa tetes minyak cengkih ke dalam air akuarium agar ikan tenang kemudian angkat ikan, taruh di atas handuk basah dan balut badannya agar tidak berontak..setelah itu buka mulut dengan tangan dan cabut kutu jarum itu gan

      Delete
  4. Ikan louhan saya terkena mata putih.bisa kah pakai meytalene blue..?klau bisa kira2 brp lama masa penyembuhan

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Ikan koki saya Mati gak mas kalo di cabut di daerah ekornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mati mas yang penting hati-hati mencabutnya

      Delete
  7. Kalo tnpa hrs dicabut, bisa efketif gak pemakaian obat kutu spti dimilin yg di tuangkan ke kolam (dosis sesuai), krn agak repot jika hrs tangkap ikan koinyg sdh 55cm keatas, apakah kutu jangkar bisa mati sndiri ? Terima kasih jawabnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah menyerang banyak ikan saya biasanya pakai abate mas, obat pembunuh jentik nyamuk yang bisa mematikan kutu jarum juga

      Delete
  8. Ktnya per 3 hari diulangi kembali, sampai 3x biar efektif, lalu stlh itu air bisa diganti.... Kyknya koi saya dkolam bnyak yg mulai geseken badan, dan saya tangkap satu ada benjolan merah sprti ada kutunya... (Ikan rawatan lama dan selama ini aman2 saja)

    ReplyDelete
  9. Kalau sudah menyerang banyak ikan saya biasanya pakai abate mas, obat pembunuh jentik nyamuk yang bisa mematikan kutu jarum juga

    ReplyDelete