Pemberian Garam untuk Menjaga Keasaman Kolam

Ikan memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dengan keasaman yang bervariasi. Beberapa jenis ikan memiliki rentang ketahanan terhadap keasaman air yang sempit, apabila terjadi perubahan terhadap keasaman air secara mendadak dapat menyebabkan kematian pada ikan tersebut.

Ikan-ikan konsumsi seperti lele, nila, mas, dan bawal cukup rentan terhadap perubahan keasaman yang tiba-tiba, terutama saat mereka masih kecil. Perubahan keasaman yang mendadak dapat menyebabkan terjadinya kematian masal pada ikan-ikan tersebut.

Perubahan keasaman pada kolam sebagian besar dipengaruhi oleh air hujan yang masuk ke dalam kolam. Hujan, terutama yang terjadi di kota-kota besar biasanya telah terkontaminasi dengan berbagai macam gas sehingga sifatnya menjadi lebih asam dibandingkan dengan air kolam.

Peternak ikan biasanya membuat semacam penutup kolam untuk menghindari masuknya air hujan pada kolam-kolam yang berisi ikan-ikan kecil. Namun sebenarnya terdapat cara sederhana yang dapat dilakukan peternak untuk menjaga keasaman tidak terlalu berubah setelah hujan tanpa membuat penutup kolam, yaitu dengan memberikan garam.

Garam untuk menjaga mempertahankan tingkat keasaman kolam

Garam yang digunakan dapat berupa garam dapur atau garam khusus ikan yang dapat dibeli di toko-toko akuarium. Garam ikan lebih bagus karena kandungannya murni NaCl (tanpa iodium) sehingga lebih aman bagi ikan.

Garam yang diberikan pada kolam dengan jumlah tertentu akan mempertahankan keasaman dengan cara mengikat zat-zat asam yang datang bersama air hujan. Garam ini bersifat sebagai buffer atau penjaga keasaman larutan.

Peternak dapat memberikan garam pada kolam ikan kecil terutama saat musim hujan tiba. Jumlah garam yang diberikan bervariasi tergantung ukuran kolamnya. Kolam untuk larva yang berukuran 2 x 1 meter dengan kedalaman 20 cm cukup diberi satu genggam garam untuk menjaga kondisi keasaman saat terjadi hujan.

Dengan memberikan garam tersebut, diharapkan peternak dapat mengurangi tingkat kematian ikan karena pengaruh keasaman air hujan. Selamat mencoba.

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Pemberian Garam untuk Menjaga Keasaman Kolam "

  1. Sip Min. 1 genggang u/ kolam 2x1 ketinggian 20cm jadi kalo ukuran 2x3 dengan keringgian sama adalah 3 genggam.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Min untuk kolam dengan 9x12meter dengan ketinggian 1meter kira kira berapa kilo ya min

    ReplyDelete
  4. Saya bukan Pembudidaya. Tapi penjual ikan (untuk konsumsi) dengan ukuran kolam 1x1dntinggi 0.5m gimana dosis garam untuk itu?

    ReplyDelete
  5. Kalo ukuran kolam 10x20 kdalaman 1,5m brp dosis nya

    ReplyDelete